Gambaran Kepuasan Perawat Terhadap Pelayanan Unit Dose Dispensing (Udd) Pada Dimensi Reliability, Responsiveness Dan Assurance Di Rumah Sakit Pusat Pertamina

Maya Sari Angriani, . (2021) Gambaran Kepuasan Perawat Terhadap Pelayanan Unit Dose Dispensing (Udd) Pada Dimensi Reliability, Responsiveness Dan Assurance Di Rumah Sakit Pusat Pertamina. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)

Abstract

Unit Dose Dispensing (UDD) merupakan bagian dari sistem distribusi desentralisasi yang sangat dianjurkan untuk pasien rawat inap. Karena sistem ini memiliki keuntungan antara lain mengurangi terjadinya medication error, menghindari duplikasi permintaan obat, menurunkan total biaya pengobatan pasien, menghindari kemungkinan terbuangnya obat dan lain sebagainya. Sistem ini mampu mengefisienkan tenaga perawat dalam asuhan keperawatan sehingga perawat lebih fokus kepada pasien, karena semua perbekalan farmasi yang dibutuhkan disiapkan oleh Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan perawat terhadap pelayanan UDD di RSPP berdasarkan Standar Prosedur Operasional (SPO) yang mencakup 3 dimensi kepuasan pelanggan yaitu dimensi kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness) dan jaminan kepastian (assurance). Metode yang digunakan termasuk kedalam penelitian deskriptif karena dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk penyajian data. Hasil penelitian yang diperoleh dari penyebaran kuesioner yang dilakukan kepada 62 responden menunjukan bahwa tingkat kepuasan pada dimensi kehandalan (reliability) adalah 74,94%, daya tanggap (responsiveness) 75,39% dan pada dimensi jaminan kepastian (asuurance) 77,62%. Simpulan yang didapat bahwa tingkat kepuasan dari pelayanan UDD di RSPP bulan Maret 2021 pada ketiga dimensi kepuasan termasuk dalam kategori puas. Kata Kunci : Unit dose dispensing, perawat, tingkat kepuasan.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 18 Dec 2021 06:08
Last Modified: 18 Dec 2021 06:08
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item