Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perilaku Interaksi Sosial Pada Anak Sekolah Berdasarkan Literature Review

Tama Desel Ima, . (2021) Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perilaku Interaksi Sosial Pada Anak Sekolah Berdasarkan Literature Review. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text
2. FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
3. FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
4. FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
5. FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
6. FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
8. FILE JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)

Abstract

Pengantar: Gadget merupakan alat elektronik yang dicipta khusus di era modern dalam bentuk perangkat yang praktis, terutama dalam kegiatan berkomunikasi. Tingkat penggunaan gadget yang digunakan pada kategori anak dan remaja di Indonesia tergolong tinggi yaitu 79,5%. Efek penggunaan gadget pada anak ada yang negatif dan ada yang positif dalam membentuk karakter anak tergantung pada pengawasan, arahan orang tua dan orang dewasa disekitar anak. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak sekolah. Metode: Penelitian ini menggunakan literature review. Pencarian artikel melalui database Google Scholer, Scilit, PubMed, ScienceDirect, e-resources.perpusnas, Neliti dan Sage Jurnal, dengan kata kunci dalam bahasa inggris dan Indonesia “penggunaan gadget, interaksi sosial, anak sekolah” ditemukan 32.714 artikel. Artikel terpilih melalui screening berdasar kriteria inklusi memiliki konten utama penggunaan gadget dan interaksi sosial, penelitian tahun 2017-2021 dan fulltext, penelitian kualitatif dan kuantitatif, sejumlah 16 artikel yang terpilih kemudian di analisis menggunakan critical appraisal, untuk mengetahui kualitas dari artikel tersebut. Hasil dan Analisis: Berdasarkan hasil literature review dalam penggunaan gadget dan interaksi sosial yaitu: durasi penggunaan gadget yang berlebihan sehingga mempengarui interaksi soail anak, dan berdampak negatif pada kecanduan gadget. Studi yang memenuhi kriteria inklusi dalam ulasan. Dalam analisis menggunakan critical appraisal yang telah di nilai kualitasnya adalah 10 artikel. Kesimpulan: Gambaran penggunaan gadget, gambaran interaksi sosial dan gambaran hubungan penggunaan gadget dan perilaku interaksi sosial pada anak sekolah. Saran: Bagi pelayanan kesehatan, institusi Pendidikan, orang tua dan peneliti untuk mengembangkan pengetahuan tentang penggunaan gadget dan interaksi sosial secara kompleks. Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial, Anak Sekolah Keperpustakaan : 49 (2010-2021)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:10
Last Modified: 04 Feb 2022 03:10
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item