Hubungan Metode Pemebelajaran Daring Dengan Tingkat Prestasi Belajar Mahasiswa Strata 1 Stikes Widya Dharma Husada Tangerang

Feirus Felsavia Biana, . (2021) Hubungan Metode Pemebelajaran Daring Dengan Tingkat Prestasi Belajar Mahasiswa Strata 1 Stikes Widya Dharma Husada Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
MANUSCRIPT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Dengan adanya pandemi Covid-19 melanda seluruh negeri di belahan dunia termasuk Indonesia, sesuai data terbaru dari World Health Organization (WHO) tanggal 4 Februari 2021, sebanyak 223 negara telah terjangkit Covid-19, 103.631.793 diantaranya terkonfirmasi positif dan 2.251.613 meninggal dunia (WHO, 2021). Sementara untuk kasus Covid-19 di Indonesia 1.111.671 terkonfirmasi positif, 30.770 meninggal dunia. Data Unesco dalam Global Education Monitoring (GEM) Report 2016, mutu pendidikan di Indonesia menempati peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang di dunia (Sri Utami, 2019). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan metode pembelajaran daring dengan tingkat prestasi belajar. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan sekunder (nilai IPS) menggunakan metode cross sectional design dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Jumlah sampel sebanyak 100 mahasiwa Keperawatan Strata 1 STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Dari hasil penelitian diperoleh sebanyak 24 responden (24.0%) menyatakan metode pembelajaran daring tidak efektif, 71 responden (71%) menyatakan metode pembelajaran daring cukup efektif, dan sebagian kecil yaitu 5 responden (5.0%) responden menyatakkan metode pembelajaran daring sangat efektif. Hasil uji statistic diperoleh nilai (p-value =0.025<α = 0.05), dapat di simpulkan bahwa Ha diterima artinya ada hubungan antara metode pembelajaran daring dengan tingkat prestasi belajar. Saran dari hasil penelitian institusi pendidikan dapat menggunakan metode Virtual learning menggunakan struktur real avatar based learning dengan penciptaan avatar untuk pasien yang biasa disebut pasien virtual yaitu bentuk duplikasi dari pasien dalam dunia maya yang dihasilkan oleh aplikasi komputer. Sebagai salah satu penilaian prestasi belajar. Kata Kunci : Covid-19, Metode Pembelajaran Daring, Tingkat Prestasi Belajar Kepustakaan : 59 (2011-2021)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 05 Feb 2022 04:37
Last Modified: 05 Feb 2022 04:37
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item