Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas V Sdn Cidokom 3 Gunungsindur – Bogor

Aprizal Zarkasih, . (2021) Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas V Sdn Cidokom 3 Gunungsindur – Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
2. FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
3. FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
4. FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
5. FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
6. FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
9. FILE BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
8. JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)

Abstract

Anak merupakan harapan masa depan. Karenanya perlu dipersiapkan agar kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, bermoral, dan berguna bagi masyarakat. Sarapan juga mempengaruhi kinerja otak, karena makan pagi memiliki manfaat dalam memberikan energy untuk otak, sarapan dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.Sarapan pagi merupakan makanan khusus otak yang menunjukan bahwa makan pagi berkaitan erat dengan kecerdasan mental, artinya makan pagi memberikan nilai positif bagi aktivitas otak, otak dapat berfugsi secara optimal. Secara tidak langsung, dapat memberikan pengaruh positif terhadap diri manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari Kosentrasi belajar adalah pemusatan daya pikiran dan perbuatan pada sesuatu objek yang di pelajari dengan menghalau atau menyisihkan segala hal yang tidak ada hubungannya dengan objek yang di pelajarinya. Agar siswa dapat memahami materi yang di berikan oleh guru dengan baik. Konsentrasi belajar adalah hal yang penting untuk diterapkan, dan untuk menunjang generasi yang memiliki tingkat focus tinggi dalam berbagai hal. Tujuan Penelitian ini adalah Menganalisis hubungan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar SDN Cidokom 3 Gunungsindur. Metode Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan jenis penelitian Analitik dengan desain penelitian Cross Sectional yaitu penelitian dengan pendekatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD, dengan 49 responden dengan metode Non-Probability sampling. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Dari Hasil Penelitian didapatkan lebih dari setengahnya berjenis kelamin perempuan sebanyak 25 responden (51%), usia lebih dari setengahnya yaitu berusia 11 tahun sebanyak 26 responden (53%), lebih dari setengahnya kebiasaan sarapan pagi baik sebanyak 26 responden (53%). Berdasarkan analisis data dengan uji Chi-Square dengan derajat kemaknaan p < 0,05 (5%). Hasil uji statistik didapatkan nilai (p-value = 0,00) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar SDN Cidokom 3 Gunungsindur. Saran bagi institusi pendidikan diharapkan dapat menjadi teori-teori baru bagi bidang pendidikan sebagai tolak ukur bagaimana saarapan pagi dapat mempengaruhi konsentrasibelajar anak disekolah. Kata kunci: Sarapan Pagi, Konsentrasi Belajar.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 04 Mar 2022 08:22
Last Modified: 04 Mar 2022 08:22
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item