Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Daring Di Rw 08 Lebak Bulus Jakarta Selatan

Nafiatus Risayekti, . (2021) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Daring Di Rw 08 Lebak Bulus Jakarta Selatan. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)

Abstract

Pandemik COVID-19 begitu cepat menyebar di sebagian besar belahan bumi, memberikan dampak yang luar biasa terhadap pola kehidupan manusia, dan merambat ke bidang pendidikan. Pembelajaran terpaksa harus dilakukan secara daring. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah pola asuh orang tua. Pola asuh yang tepat akan memberikan dampak baik pada anak sehingga dapat memotivasi belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar selama daring di RW 08 lebak bulus Jakarta selatan. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen, data dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner, jumlah sampel 88 orang tua dan siswa sekolah dasar (SD). Teknik sampling menggunakan Simple Random Sampling. Menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian diperoleh pola asuh demokratis terhadap motivasi belajar cukup 31 responden (35,2%). Hasil uji statistik diperoleh nilai (p-value = 0,001,α = 0,05) maka disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan (bermakna) antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar selama daring di RW 08 Lebak Bulus Jakarta Selatan. Dengan angka koefisien korelasi bernilai positif yaitu 0,338 yang menunjukkan korelasi dengan kekuatan lemah. Saran diharapkan hasil penelitian ini dapat memperluas kajian ilmiah terhadap pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa selama daring. Kata kunci : Pola asuh orang tua, motivasi belajar, pembelajaran daring. Kepustakaan : 69 (2012-2021)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 05 Mar 2022 03:03
Last Modified: 05 Mar 2022 03:03
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item