Hubungan Gaya Mengajar Dosen Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester 6 Prodi S1 Keperawatan STIKES Widya Dharma Husada

Muhammad Iqbal, . (2019) Hubungan Gaya Mengajar Dosen Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester 6 Prodi S1 Keperawatan STIKES Widya Dharma Husada. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER _removed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
JURNAL .pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Berdasarkan data World Economic Forum (WEF) tahun 2017 menunjukan kualitas pendidikan di Indonesia berada di posisi 108 di dunia dengan skor 0,603. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada 20 mahasiswa keperawatan semester 8 dengan penyebaran kuesioner, sebagian besar gaya mengajar dosen di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang mengajar dengan gaya dosen elementary dan intermediate dengan lebih dari setengahnya mahasiswa dengan motivasi belajar yang rendah. Faktor internal dan eksternal mempengaruhi motivasi belajar murid maupun mahasiswa. Gaya mengajar seoarang pendidik termasuk faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar dosen dengan motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan menggunakan metode penelitian cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 108 mahasiswa keperawatan semester 6 tahun 2019 dan menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data ini menggunakan kuesioner. Analisa univariat dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan analisa distribusi frekuensi responden, berdasarkan variabel penelitian yang diteliti. Gaya mengajar dosen semester 6 prodi S1 Keperawatan STIKes Widya Dharma Husada Tangerang dosen gaya mengajar lebih dari setengahnya gaya mengajar kurang baik dengan jumlah sebanyak 65 responden (60,2%) dan hampir setengahnya dengan gaya mengajar baik sebanyak 43 (39,8%). Motivasi belajar mahasiswa semester 6 Prodi S1 Keperawatan STIKes Widya Dharma Husada Tangerang lebih dari setengahnya mahasiswa dengan motivasi rendah sebanyak 61 responden (56,5 %). Analisa bivariat dilakukan terhadap dua variabel yang diduga berhubungan, dengan tujuan untuk melihat hubungan antar variabel independent dengan dependen. Untuk membuktikan adanya hubungan antara dua variabel tersebut digunakan uji statistik Chi square dengan menggunakan derajat kepercayaan 95% dan P value = 0,05. Hasil penelitian ini ada hubungan antara gaya mengajar dosen dengan motivasi belajar mahasiswa semester 6 Prodi S1 Keperawatan STIKes Widya Dharma Husada Tangerang dengan hasil uji statistik (chi square) dengan derajat CI = 95%, α = 5% (0,05) diperoleh nilai P value = 0,000 < 0,05, maka Ha atau Hitotesis alternatif diterima dan Ho ditolak yang berarti ada hubugan antara gaya mengajar dengan motivasi belajar, nilai Odds Ratio sebesar 4,51 yang berarti gaya mengajar dosen beresiko 4,51 kali terhadap perubahan motivasi belajar mahasiswa. Kata kunci : Gaya mengajar, motivasi belajar Kepustakaan : 16 (2008-2017)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:08
Last Modified: 28 Jan 2021 07:19
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item