Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan S1 Keperawatan Di Stikes Widya Dharma Husada Tangerang

Winda Khasanah, . (2021) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan S1 Keperawatan Di Stikes Widya Dharma Husada Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
File Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
File BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
File BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
File BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text
File BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
File BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
File BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
Manuscript.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. World Health Organization (2017) menyatakan bahwa depresi dan kecemasan merupakan gangguan mental yang prevalensinya paling tinggi. Diperkirakan 4,4% dari populasi global menderita gangguan depresi, dan 3,6% dari gangguan kecemasan. Dengan diterimanya dukungan keluarga maka individu akan lebih sehat fisik dan psikisnya sehingga berpengaruh terhadap penurunan tingkat kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan S1 Keperawatan di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar mahasiswa mendapatkan dukungan keluarga tinggi sebanyak 120 responden (75,5%) dengan kecemasan ringan sebanyak 106 responden (66,7%). Hasil uji chi square diperoleh p-value sebesar 0,001 < α= 0,05. Dengan demikian didapatkan kesimpulan bahwa Ho ditolak artinya ada Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Semester 6 Jurusan S1 Keperawatan di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Saran dari penelitian ini diharapkan bagi institusi pelayanan kesehatan dapat memberikan pendidikan kesehatan kepada keluarga tentang pentingnya dukungan keluarga untuk mencegah dan menurunkan kecemasan selama pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 agar mahasiswa termotivasi dan semangat dalam belajar. Kata kunci : Dukungan Keluarga, Tingkat Kecemasan, Pembelajaran Daring. Kepustakaan : 50 (2008-2021)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 07 Mar 2022 05:11
Last Modified: 07 Mar 2022 05:11
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item View Item