Hubungan Komunikasi Terapeutik Dan Caring Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Klinik Pratama Warga Sehat Kampung Cikoleang Desa Sukamulya Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor

Siti Syahmiyanti, . (2021) Hubungan Komunikasi Terapeutik Dan Caring Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Klinik Pratama Warga Sehat Kampung Cikoleang Desa Sukamulya Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
FILE JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

Komunikasi terapeutik merupakan suatu hubungan perawat dengan pasien yang dirancang untuk mencapai tujuan therapy dalam pencapaian tingkat kesembuhan yang optimal dan efektif dengan prilaku caring perawat menjadi salah satu penilaian bagi para pengguna pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil survey kepuasaan pasien yang dilakukan oleh Depkes RI (2008) pada beberapa Rumah Sakit di Jakarta menunjukkan bahwa 14% pasien tidak puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, karena perilaku caring dan komunikasi terapeutik kurang baik akan menjadi masalah terhadap kepuasan pasien dari hasil penilaian pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima Menurut Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2016) Bila ditemukan pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasaan pasien berada dibawah 95%, maka dianggap pelayanan kesehatan yang diberikan tidak memenuhi standar minimal atau tidak berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dan caring dengan kepuasan pasien. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer (kuesioner) dan menggunakan metode penelitian cross sectional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Jumlah data sampel sebanyak 54 pasien rawat inap di Klinik Pratama Warga Sehat Cikoleang dengan menggunakan teknik total sampling. Dari Hasil penelitian diperoleh hasil lebih dari setengahnya yaitu 36 responden (66,67%) perawat menggunakan komunikasi terapeutik dengan baik, perawat yang berprilaku caring tinggi 45 responden 83,3% dan sebagian besar 39 responden (72,22%) yang mengatakan puas. Hasil bivariat uji statistik diperoleh hasil pada komunikasi terapeutik didapatkan hasil P-value = 0,010 yaitu kurang dari 0,05, dan pada hubungan caring dengan kepuasan pasien didapatkan hasil p-value = 0,042 yaitu kurang dari 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan antara komunikasi terapeutik dan caring dengan kepuasn pasien rawat inap di klinik pratama warga sehat kp, cikoleang desa sukamulya kecamatan rumpin kabupaten bogor. Saran bagi perawat Perlu selalu menyadari bahwa prilaku caring dengan cara berkomunikasi terapeutik yang optimal penting dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan. Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Caring, Kepuasan Pasien Kepustakaan : 31 (2013-2021)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:55
Last Modified: 07 Mar 2022 07:55
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item View Item