Hubungan Tingkat Stres Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Stikes Widya Dharma Husada Tangerang

Riska Nur Widiyasari, . (2021) Hubungan Tingkat Stres Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Stikes Widya Dharma Husada Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak besar terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19, maka saat ini pembelajaran dilakukan secara online (daring). Perubahan yang terjadi secara tiba-tiba ini tentu dapat menimbulkan stres tersendiri bagi mahasiswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat stres pembelajaran daring dengan motivasi belajar di masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuisioner) dan memakai metode penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i semester 4 Jurusan S1 Keperawatan di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang Tahun 2021 yang berjumlah 258 mahasiswa/i dengan jumlah sampel 112 responden. Teknik yang digunakan adalah probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil Penelitian diperoleh berdasarkan analisis data dengan uji Chi Square dengan derajat kemaknaan p < 0,05. Didapatkan nilai (p-value = 0,002) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan motivasi belajar. Saran dari penelitian ini diharapkan institusi pendidikan untuk melakukan evaluasi pembelajaran setiap semester dengan menyebarkan kuisioner terkait tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring kemudian kritik dan saran untuk metode pembelajaran daring yang digunakan. Kata kunci : Pandemi covid-19, Pembelajaran daring, Stres, Motivasi belajar Kepustakaan : 33 (2009-2021)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:00
Last Modified: 08 Mar 2022 03:00
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item