Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Pada Anak Sekolah Kelas V Di Sdn Pamulang Permai Tangerang Selatan

Shifa Nurfiana, . (2021) Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Pada Anak Sekolah Kelas V Di Sdn Pamulang Permai Tangerang Selatan. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
2. FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
3. FILE BAB II (PDF).pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
4. FILE BAB III (PDF).pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
5. FILE BAB IV (PDF).pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
6. FILE BAB V (PDF).pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
7. FILE BAB VI (PDF).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
9. FILE JURNAL (PDF).pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Menurut American Academy of Pediatric anak usia 8-18 tahun menghabiskan waktu lebih dari tujuh jam untuk screen time yang berdampak pada interaksi sosial pada anak, bentuk screen time pada anak yaitu melihat video di ponsel, dan membuka media sosial di gadget. Pada 2019, setidaknya terdapat 3,2 miliar pengguna, naik 5,6% .Indonesia dinobatkan sebagai negara peringkat lima terbesar pengguna gadget di dunia , data pada tahun 2014 menunjukkan pengguna aktif smartphone yang ada di Indonesia sekitar 47 juta jiwa, dimana 79,5% diantaranya berasal dari kategori usia anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak sekolah kelas V SD. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan memakai metode penelitian cross sectional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 83 siswa di SDN Pamulang Permai Tangerang Selatan tahun 2021. Dari hasil penelitian diperoleh responden yang memiliki penggunaan gadget tinggi dengan prilaku maladaptif hampir setengahnya (47,0%) sedangkan responden penggunaan gadget rendah dengan prilaku adaptif sebagian kecil (15,7%), . Hasil uji statistik diperoleh nilai (p-value=0,038, α: 0,05) maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan interaksi sosial. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan institusi pendidikan dapat meningkatkan dan menentukan berbagai program pendidikan yang dapat menyebarluaskan informasi tentang interaksi sosial yang baik dan meminimalkan tingkat penggunaan gadget pada anak sekolah, sehingga diharapkan interaksi sosial pada anak akan meningkat dan penggunaan gadget yang tinggi akan menurun. Kata kunci : Penggunaan gadget, interaksi sosial Kepustakaan : 21 (2011-2020)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:01
Last Modified: 08 Mar 2022 04:01
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item View Item