Perbedaan Perkembangan Bahasa Dan Sosial Pada Anak Pra Sekolah Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Paud Di Rw 02 Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur

Santi Susilawati, . (2021) Perbedaan Perkembangan Bahasa Dan Sosial Pada Anak Pra Sekolah Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Paud Di Rw 02 Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Kemenkes RI (2016) Perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat organ yang dipengaruhi, yaitu perkembangan sistem, kemampuan bicara, emosi dan sosialisasi. Semua fungsi tersebut berperan penting dalam kehidupan manusia yang utuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perkembangan bahasa dan social pada anak pra sekolah yang mengikuti dan tidak mengikuti paud di RW 02 Cempaka Putih. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ,menggunakan data primer (kuesioner), memakai metode penelitian komparatif dengan menggunakan rancangan Mann-whitney, data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 74 responden, dimana masing-masing 37 responden untuk anak paud dan tidak paud. Hasil penelitian diperoleh karakteristik responden, usia anak paud dan tidak paud yaitu usia 4-5 tahun (54,1%) dan usia 3-4 tahun (51,4%). Jenis kelamin pada anak paud dan tidak paud yaitu perempuan (62,2%) dan laki-laki (56,8%). Usia ortu pada anak paud dan tidak paud yaitu usia 30-40 tahun (54,1%) dan (48,6%). Pendidikan ortu pada anak paud dan tidak paud yaitu berpendidikan Perguruan Tinggi (35,1%) dan berpendidikan SMA (27,0%). Gambaran perkembangan social pada anak paud dan tidak paud didapatkan dengan kategori baik (37,8%) dan kategori cukup (37,8%). Gambaran perkembangan bahasa pada anak paud dan tidak paud didapatkan dengan kategori baik (43,2%) dan kategori cukup (37,8%). Hasil uji statistic Mann-whitney pada perkembangan social antara anak paud dan tidak paud diperoleh p=47,05 (p>0,000), p=27,95 (p>0,000). Perkembangan bahasa antara anak paud dan tidak paud diperoleh p=56,00 (p>0,000), p=19,00 (p>0,000). Maka disimpulkan bahwa ada perbedaan perkembangan bahasa dan social pada anak paud dan tidak paud. Kata kunci: anak prasekolah, perkembangan bahasa, perkembangan sosial. Kepustakaan: 5 (2011-2020)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:59
Last Modified: 08 Mar 2022 06:59
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item View Item