Tinjauan Sistem Rujukan Online Pasien Bpjs Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Rengas Tahun 2021

Fitri Ambarsari, . (2021) Tinjauan Sistem Rujukan Online Pasien Bpjs Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Rengas Tahun 2021. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Rujukan online merupakan proses digitalisasi rujukan berjenjang yang diberikan kepada pasien atau masyarakat untuk mendapatkan kemudahan serta kepastian peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan dirumah sakit atau fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut. Dengan adanya sistem rujukan online dapat meminimalisir antrean pendaftaran pasien, menghindari kerumunan di ruang tunggu serta kontak langsung dengan petugas di fasilitas pelayanan Kesehatan sehingga dapat meminimalisir penularan covid-19 bagi pasien dan tenaga Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Sistem Rujukan Online Pasien BPJS pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Rengas Tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Pengambilan data dengan lembar cheklist dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah Pelaksanaan Sistem Rujukan Online Pasien BPJS serta objek penelitian ini adalah SPO rujukan online dan alur pelayanan rujukan online pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan Dalam pelayanan sistem rujukan online di Puskesmas Rengas sudah tersedia SPO yang mengatur tentang rujukan pasien BPJS namun belum diperbarui sejak 2017 dan tidak dibuatkan secara khusus SPO yang mengatur tentang sistem rujukan online pasien BPJS pada masa pandemi covid. Pelayanan kesehatan rujukan sudah sesuai dengan alur yang tertuang dalam SPO rujukan. Sistem rujukan online belum efektif karena masih terdapat beberapa kendala antaralain kendala pada jaringan, masih rendahnya pemahaman pasien rujukan, ketidaklengkapan data pasien, dan selama pandemi covid-19 pihak puskesmas cukup sulit pada saat akan merujuk pasien ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan. Saran untuk SPO rujukan di Puskesmas Rengas yang sudah ada perlu diperbarui kembali disesuaikan dengan kondisi terkini dan dibuatkan secara khusus SPO yang mengatur tentang sistem rujukan online pasien BPJS pada masa pandemi covid-19. Puskesmas Rengas harus terus mempertahankan dan terus meningkatkan pelayanan sistem rujukan yang sudah berjalan dengan baik. Selanjutnya Puskesmas Rengas harus melakukan pelatihan kepada petugas rujukan online agar meminimalisir terjadinya human error oleh petugas, melakukan penguatan pada sistem jaringan. Selanjutnya melakukan edukasi kepada masyarakat diwilayah kerjanya terkait sistem rujukan online baik alurnya maupun kelengkapan data yang dibutuhkan dalam proses rujukan dan selama pandemi covid-19 sebaiknya Puskesmas Rengas tetap mematuhi protokol kesehatan dalam merujuk pasien serta Dinkes Kota Tangerang Selatan sebaiknya menyediakan satu Rumah Sakit yang dikhususkan untuk tujuan rujukan pasien non covid-19. Kata Kunci : Sistem Rujukan, Rujukan Online, Rujukan BPJS, Pandemi Covid-19 Referensi : 10 Tahun : 2011 s/d 2021

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 13 May 2022 03:22
Last Modified: 13 May 2022 03:22
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item