Perbedaan Sikap Mengenai Bullying dan Persepsi Diri Sebelum dan Sesudah Pemberian Edukasi dengan Video Learning Multimedia Pada Siswa/I di SMAN 4 dan SMKN 1 Tapos Depok

Ratna Isnaeni, . (2020) Perbedaan Sikap Mengenai Bullying dan Persepsi Diri Sebelum dan Sesudah Pemberian Edukasi dengan Video Learning Multimedia Pada Siswa/I di SMAN 4 dan SMKN 1 Tapos Depok. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
File Cover_removed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
Jurnal_Ratna Isnaeni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Kekerasan terhadap terjadi secara luas di Indonesia 40% anak berusia 13-17 tahun melaporkan pernah diserang secara fisik sedikitnya satu kali dalam setahun, 26% melaporkan pernah mendapatkan hukuman fisik dari orang tua atau pengasuh dirumah, dan 50% anak melaporkan di-bully di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan sikap mengenai bullying dan persepsi diri sebelum dan sesudah pemberian edukasi dengan video learning multimedia pada siswa/i SMAN 4 dan SMKN 1 depok. Metode penelitian ini merupakan kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan memakai metode penelitian pra eksperiment, data yang dikumpulkan dengan kuesioner melalui google formulir. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa/i di SMA/K Negeri di kota depok tahun 2020. Hasil penelitian pada variabel sikap mengenai bullying diketahui bahwa skor Mean sebelum pemberian edukasi dengan video learning multimedia sebesar 21,3, setelah pemberian edukasi meningkat menjadi 24,8, hasil uji statistik diperoleh (p- value = 0,000, α ; 0,05) maka dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan antara sikap mengenai bullying sebelum dan sesudah pemberian edukasi melalui video learning multimedia di SMA/K Negeri depok. Pada variabel persepsi diri diketahui skor Mean sebelum pemberian edukasi dengan video learning multimedia sebesar 17,6, setelah pemberian edukasi meningkat menjadi 18,2, hasil uji statistik diperoleh (p- value = 0,070, α ; 0,05) maka dapat di simpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara persepsi diri sebelum dan sesudah pemberian edukasi melalui video learning multimedia di SMAN 4 dan SMKN 1 depok. Kata Kunci : Sikap terhadap bullying, persepsi diri, video learning, pra experiment Kepustakaan: 22 (8 buku, 8 jurnal, 7 artikel, 3 web) Tahun Kepustakaan : 2006-2020

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:53
Last Modified: 08 Feb 2021 06:53
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item