Tinjauan Pelayanan Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Masa Pandemi Covid-19 Di Rsup Fatmawati Jakarta Selatan Tahun 2021

Muhammad Rizki Arisandi, . (2021) Tinjauan Pelayanan Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Masa Pandemi Covid-19 Di Rsup Fatmawati Jakarta Selatan Tahun 2021. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
FILE JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Sistem informasi rumah sakit adalah proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data rumah sakit. Saat ini perkembangan registrasi pendaftaran sudah semakin maju, beberapa rumah sakit mulai menyediakan pelayanan registrasi pendaftaran pasien berbasis online. Salah satunya adalah RSUP Fatmawati Jakarta Selatan yang baru meluncurkan sebuah sistem yang masuk ke dalam ruang lingkup pendaftaran pasien yaitu reservasi online pasien rawat jalan. Akan tetapi karena masih barunya berjalan sistem tersebut maka perlu dilakukan riset lebih lanjut guna diharapkan kedepannya lebih efektif dalam memberikan pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pelayanan sistem pendaftaran online pasien rawat jalan masa pandemi covid-19 di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif secara analitik. Untuk pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan lembar checklist. Populasi dalam penelitian ini adalah 521 pasien RSUP Fatmawati Jakarta Selatan yang menggunakan reservasi online mulai dari tanggal 15-30 April. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa RSUP Fatmawati Jakarta Selatan baru meluncurkan sistem pendaftaran online yang terkait dengan reservasi online pasien rawat jalan yang dimulai per tanggal 15 April 2021. SOP yang digunakan lebih dari setengahnya sudah terlaksana. Menu yang tersedia sudah mencakup pengidentifikasian pasien dan informasi yang jelas untuk pasien. User yang bisa menggunakan reservasi online adalah pasien yang sudah pernah berobat sebelumnya, adapun pasien baru belum bisa. Masih didapati beberapa kendala yang dialami oleh pasien yang menyebabkan terhambatnya proses reservasi online. Kata kunci : pendaftaran online, reservasi online, pasien rawat jalan Referensi : 32 Tahun : 2011 s/d 2021

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 14 May 2022 02:52
Last Modified: 14 May 2022 02:52
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item