Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan perilaku Aman Berkendara Pada Pengemudi Bus Trayek Lebak Bulus/Ciputat-Bandung Di Pt Primajasa Perdanaraya Utama Tahun 2022

Amelia Puspita Siregar, . (2022) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan perilaku Aman Berkendara Pada Pengemudi Bus Trayek Lebak Bulus/Ciputat-Bandung Di Pt Primajasa Perdanaraya Utama Tahun 2022. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
2. FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
3. FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
4. FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
5. FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
6. FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
8. FILE ARTIKEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Perilaku Aman Berkendara merupakan upaya peningkatan perilaku disiplin pengemudi kendaraan bermotor untuk dapat mematuhi prosedur berlalu lintas yang aman dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku aman berkendara pada pengemudi bus Trayek Lebak Bulus/Ciputat-Bandung di PT Primajasa Perdanaraya Utama. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan didasarkan pada aspek temporal penelitian, termasuk desain cross-sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pengemudi bus sebanyak 30 orang dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 pengemudi di mana pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Variabel yang berhubungan dengan perilaku aman berkendara diperoleh dari hasil uji statistik chi-square yaitu tingkat pengetahuan (p-value = 0,007), kondisi kendaraan (p-value = 0,030), dan dukungan keluarga (p-value = 0,009). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah lama kerja (p-value = 0,136), masa kerja (p-value = 0,411), lama istirahat (p-value = 0,461). Pada penelitian ini, peneliti menyarankan untuk tidak mengemudi di atas kecepatan rata-rata yaitu (>80 km/jam), tidak menggunakan ponsel ketika mengemudi, serta melengkapi perlengkapan keselamatan berkendara seperti kotak P3K, APAR, dan lainnya. Kata Kunci: perilaku, aman berkendara, kecekalaan lalu lintas

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 04 Jun 2022 01:54
Last Modified: 04 Jun 2022 01:54
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item