Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (Kie) Obat Di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan Periode Mei 2019

Karolus Nardi Nggiring, . (2019) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (Kie) Obat Di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan Periode Mei 2019. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER_removed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Faktor utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan sebuah pelayanan kepada masyarakat adalah efek yang ditimbulkan dari pelayanan tersebut. Efek yang dimaksud adalah tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang dilakukan. Contohnya adalah pelayanan kefarmasian yang meliputi pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi obat untuk meningkatkan pengetahuan pasien tentang obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Obat di Rumah Sakit Umum kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan Cross Sectional. Proses pengambilan data dilakukan menggunakan teknik probability sampling dan instrument penelitian kuisioner. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini merupakan data primer yang didapatkan langsung dari total 100 responden di Instalasi Farmasi RSUK Tangerang Selatan. Analisis data yang digunakan adalah Uji validitas, Uji reliabilitas, dan Persentase Total. Berdasarkan data yang dikumpulkan didapatkan hasil yang terdiri dari ‘Cara berkomunikasi petugas farmasi “PUAS” dengan persentase 48%. Kejelasan berkomunikasi “PUAS” dengan persentase 50%. Tentang cara pakai obat “PUAS” dengan persentase 63%. Tentang aturan pakai obat “PUAS” dengan persentase 59%. Tentang Indikasi obat “PUAS” dengan persentase 53%. Tentang efek samping obat “CUKUP PUAS” dengan persentase 42%. Tentang kontraindikasi obat “CUKUP PUAS” dengan persentase 54%. Informasi tentang penyimpanan obat “CUKUP PUAS” dengan persentase 50%. Penyampaian pembelajaran tentang obat dan segala hal yang berkaitan dengan obat “CUKUP PUAS” dengan persentase 57%. Hasil rekapitulasi semua item pertanyaan didapatkan hasil dengan persepsi tertinggi yaitu “PUAS” dengan Total persentase 44,7% dan hasil rekapitulasi tersebut dapat menunjukan bahwa sebagian besar pasien yang menerima pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Obat di Rumah Sakit Umum kota Tangerang Selatan berada di kategori “PUAS”. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, KIE, Pelayanan Kefarmasian, Kuisioner Referensi : Jurnal Penelitian, Buku, Karya Tulis, dan Tesis (2000-2016)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 09 Feb 2021 07:45
Last Modified: 09 Feb 2021 07:45
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item