Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Mewarnai) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Di Rw 2 Kelurahan Kademangan Kota Tangerang Selatan

Devi Haryanti, . (2020) Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Mewarnai) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Di Rw 2 Kelurahan Kademangan Kota Tangerang Selatan. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Alat permainan edukatif mewarnai untuk merangsang pertumbuhan otak anak agar lebih kognitif untuk membantu mempengaruhi pertumbuhan fisik dan seluruh aspek perkembangan motorik halus anak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara alat permainan edukatif (mewarnai) terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di RW 2 Kelurahan Kademangan Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimen dengan pendekatan one goup pre test - pos test design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cara Non Probability sampling dengan teknik Total Sampling, dengan total 30 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran informed concent dan lembar observasi. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test, pada tingkat kemaknaan 95% (α 0,005). Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dilakukan perlakuan pemberian alat permainan edukatif mewarnai 25 anak belum berkembang sebanyak 20 anak (80%), dan mulai berkembang sebanyak 5 anak (20%), kemudian setelah dilakukan perlakuan pemberian alat permainan edukatif mewarnai 25 anak berkembang sesuai harapan sebanyak 20 responden (80%) dan mulai berkembang sebanyak 5 responden (20%) terdapat data rata-rata sebelum intervensi sebesar 3,40 dan sesudah diberikan berkembang menjadi 11,16 dengan demikian didapatkan hasil perbedaan mean kenaikan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun yaitu sebesar 7,76. Kesimpulan ini menujukan bahwa ada pengaruh p-value = 0,000 < α (0,05) alat permainan edukatif (mewarnai) terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di RW 2 Kelurahan Kademangan Kota Tangerang Selatan. Saran anak usia 3-4 tahun diharapkan mengembangkan pengetahuan tentang APE mewarnai sehingga proses perkembangan motorik halus anak dapat berkembang secara optimal. Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif Mewarnai, Perkembangan Motorik Halus Referensi : Skripsi, Buku, Jurnal Tahun Referensi : (2010-2019)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:08
Last Modified: 20 Jul 2022 04:08
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item