Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Pendidikan Dengan Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Di Wilayah Jurang Mangu

Suryani, . (2022) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Pendidikan Dengan Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Di Wilayah Jurang Mangu. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER .pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Masa anak dianggap sebagai fase yang penting karena akan menentukan kualitas kesehatan, kesejahteraan, pembelajaran dan perilaku dimasa yang akan datang dan masa depan masyarakat tergantung pada anak-anak yang mampu mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Anak yang berada dalam rentang usia 0-4 tahun perkembangan kecerdasan meningkat sekitar 50% dan usia 4-8 tahun berkembang menjadi 80%. Perkembangan anak pada tahun-tahun pertama sangat penting dan akan menentukan kualitas dimasa depan.Tujuan Penelitian Untuk mengetahui Hubungan Pola asuh orang tua dan Tingkat pendidikan dengan Perkembangan Psikososial anak Prasekolah di wilayah jurang mangu.Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectionaldata dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, jumlah sampel sebanyak 80 responden.Hasil penelitian diketahui dari 80 responden didapatkan hampir setengahnya Tingkat Pendidikan dengan perkembangan psikososial baik yaitu sebanyak 35 responden (43,75%) dan Pola asuh demokratis dengan perkembangan psikososial baik yaitu sebanyak 33 responden (41,25%). Hasil analisis dan uji statistik dengan uji chi-square dengan menggunakan SPSS 26 for windows didapatkan nilai (p-value 0,00 )yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, karena nilai < dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua dan tingkat pendidikan dengan perkembangan psikososial anak pra sekolah di Wilayah Jurang Mangu. Saran hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan pendoman bagi perawat dan orang tua dalam memberikan pendidikan tentang pola asuh yang baik terhadap perkembangan psikososial anak prasekolah.. Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Pola Asuh, Perkembangan Psikososial

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:50
Last Modified: 26 Aug 2022 07:50
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item