Hubungan Stres Akademik Dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid Omicron Pada Mahasiswa Keperawatan Semester 6 Stikes Widya Dharma Husada Tangerang

Irma Widia Ningsih, . (2022) Hubungan Stres Akademik Dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid Omicron Pada Mahasiswa Keperawatan Semester 6 Stikes Widya Dharma Husada Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER IRMA WIDIA1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
BAB I IRMA WIDIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
BAB II IRMA WIDIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III IRMA WIDIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV IRMA WIDIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB V IRMA WIDIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB VI IRMA WIDIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
FILE JURNAL IRMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)

Abstract

Stres akademik adalah perasaan tertekan yang dialami oleh mahasiswa baik secara fisik maupun emosional, dikarenakan adanya tuntutan akademik dari dosen ataupun orang tua untuk menerima hasil belajar yang baik, setelah tugas sempurna pada waktunya, tidak adanya arahan dalam mengerjakan tugas pekerjaan rumah serta suasana kelas yang tidak kondusif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan stres akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 111 mahasiswa semester 6 keperawatan menggunakan Teknik proportionate random sampling dan pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Hasil Penelitian diketahui pada tingkat stress akademik sedang dengan motivasi belajar rendah yaitu sebanyak 73 responden (83,9%). Dan sebagian kecil responden pada tingkat stress akademik sedang dengan motivasi belajar tinggi yaitu sebanyak 14 responden (16,1%)ini menggunakan uji chi square dan hasil diperoleh p-value = 0,001 <α = 0,05. Yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, karena nilai 0,001 < dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara stress akademik dengan motivasi belajar di masa pandemic Covid Omicron pada mahasiswa semester 6 STIKes Widya Dharma Husada Tangerang, yang berarti ada hubungan stres akademik dengan motivasi belajar. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan pada mahasiswa untuk bisa mengatasi dan menyadari adanya stres akademik. Kata Kunci : Stres Akademik, Motivasi Belajar

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:07
Last Modified: 13 Sep 2022 03:07
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item View Item