Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Pratama Medika

Dina Hayatilah, . (2022) Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Pratama Medika. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Pemerintah telah menyusun standar pelayanan kefarmasian yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI No.1027/Menkes/SK/1X/2004. Pelayaman farmasi yang diberikan apotek salah satunya adalah pelayanan kefarmasian. Diharapkan pasien akan dapat memberikan penilaian tersendiri, Pasien yang merasa puas dengan jasa pelayanan yang diterimanya akan memperlihatkan kecenderungan yang besar untuk menggunakan kembali jasa yang ditawarkan oleh pemberi jasa tersebut dimasa yang akan datang. Kepuasan diberbagai rumah sakit di dunia mencapai 60,6% dengan kunjungan pasien dalam satu tahun terakhir. Beberapa hasil penelitian menunjukkan data tentang tingkat kepuasan pasien di berbagai Negara. Tingkat kepuasan pasien di Kenya menyatakan 40,4%, kepuasan pasien di Bakhtapur India menurut Twayana 34,4%, sedangkan di Indonesia menunjukkan angka kepuasaan pasien 42,8%. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Pratama Medika. Metode Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penilitian ini adalah accidental sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang dihitung presentase rata-rata tingkat kepuasan pasien dan diklasifikasikan. Hasil Penelitian analisis data yang dilakukan oleh peneliti terhadap 303 responden maka diperoleh hasil berdasarkan karakteristik usia (50,2%) Dewas, berdasarkan karakterisiti jenis kelamin (53,8%) Laki-laki. Tingkat kepuasan pasien berdasarkan Dimensi Kehandalan (77.9%) Puas, Dimensi Ketanggapan (62,2%) Puas, Dimensi Jaminan (78,2%) Puas, Dimensi Empati (81,8%) Sangat Puas, dan Dimensi Bukti Langsung (75,8%) Puas. Kesimpulannya Sehingga rata-rata Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Pratama Medika secara keseluruhan sebesar (75,18%) dengan klasifikasi kepuasan yaitu puas. Saran bagi Apotek Pratama Medika untuk meningkatkan pelayanan khususnya pada Dimensi Bukti Langsung seperti menambahkan tempat duduk yang ada diruang tunggu agar lebih meningkatkan kepuasa dan kenyamanann pasien, dan mempertahankan kulalitas pelayanan kefarmasian yang sudah di nilai baik. Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Persentase, Kepuasan.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 24 Sep 2022 03:14
Last Modified: 24 Sep 2022 03:14
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item