Hubungan Penggunaan Gadget Dalam Dampak Pembelajaran Daring Dengan Kejadian Astenopia Pada Mahasiswa Stikes Widya Dharma Husada Tangerang

Ayu Tiasningsih, . (2022) Hubungan Penggunaan Gadget Dalam Dampak Pembelajaran Daring Dengan Kejadian Astenopia Pada Mahasiswa Stikes Widya Dharma Husada Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)

Abstract

Penggunaan gadget pada saat masa pandemi covid-19 ini menigkat akibat diberlakukannya sistem pembelajaran daring yang mengakibatkan masyarakat mengalami kelelahan mata. Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO) menunjukkan angka kejadian kelelahan mata atau asthenopia di dunia berkisar 75 persen sampai 90 persen. Survey knowledge, attitude, and practices (KAP) pada dokter mata di India melaporkan asthenopia sebanyak 97,8%. Astenopia atau sering disebut sebagai kelelahan visual pada mata merupakan kelainan yang ditandai dengan gejala somatik atau persepsi seperti sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering, dan sensasi benda asing disekitar mata. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dalam dampak pembelajaran daring dengan kejadian astenopia. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan memakai metode penelitian cross sectional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 72 mahasiswa keperawatan semester VI di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Dari hasil penelitian diperoleh mahasiswa yang mengalami astenopia akibat penggunaan gadget selama pembelajaran daring sebanyak 54 responden (75%) dan sebanyak 18 responden (25%) mahasiswa tidak mengalami astenopia akibat penggunaan gadget selama pembelajaran daring. Hasil uji statistik diperoleh nilai (ρ-value = 0,006 < α = 0,05) maka disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dalam dampak pembelajaran daring dengan kejadian astenopia. Saran dari hasil penelitian ini diharapakan mahasiswa untuk menjaga dan selalu mengistirahatkan mata pada saat menggunakan media gadget yang terlalu lama agar terhindar dari kejadian astenopia. Kata Kunci : Gadget, Daring, Astenopia Referensi : 32 (Buku dan Jurnal) Tahun Referensi : 2011 – 2022

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:21
Last Modified: 29 Sep 2022 07:21
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item