Hubungan Pengalaman Pembelajaran Daringdengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Semester 6 S.1 Keperawatan Stikes Widya Dharma Husada Tangerang Di Masa Pandemi Covid-19

Diah Ajeng Virgianingrum, . (2022) Hubungan Pengalaman Pembelajaran Daringdengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Semester 6 S.1 Keperawatan Stikes Widya Dharma Husada Tangerang Di Masa Pandemi Covid-19. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Karena kasus Covid-19 Di Indonesia pada 28 Februari 2022 terdapat 5.564. 448 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi, termasuk 4.861.415 kasus Covid-19 yang sembuh, dan 148.335 kasus Covid-19 yang meninggal, Pemerintah telah melarang untuk berkerumun, pembatasan sosial (social distancing) termasuk melarang perguruan tinggi untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka (konvensional) maka diadakanlah pembelajaran secara daring, namun Pada awalnya pembelajaran daring mendapatkan respon positif dari beberapa mahasiswa, namun seiring waktu berjalan proses pembelajaran daring, mahasiswa mulai mengalami beberapa kesulitan sehingga dapat memicu terjadinya stress pada Mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengalaman Pembelajaran daringdan tingkat stress pada mahasiswa semester 6 s.1 keperawatan stikes widya dharma husada tangerang di masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen, data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner. Jumlah sampel 72 orang Mahasiswa semester 6 s1 STIKes Widya dharma Husada Tangerang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dari hasil penelitian di peroleh karakteristik pada usia berdasarkan responden didapatkan, seluruh responden berusia 20-25 tahun sebanyak 72 responden (100 % ). Sebagian besar responden berjenis kelamin Perempuan sebanyak 63 responden ( 87,5 %), lebih dari setengah responden didapatkan Pembelajaran daring buruk sebanyak 46 responden (63,8%), hampir setengah responden pada stress sedang didapatkan 32 responden (44,4 %). Hasil uji statistic diperoleh (P-value = 0,000 ( alpa = <0,05) maka dapat disimpulkan bahwa adanya Hubungan Pengalaman Pembelajaran Daring dengan Tingkat Stres Mahasiswa semester 6 S.1 Keperawatan STIKes Widya Dharma Husada Tangerang di masa pandemic Covid-19.Saran dari penelitian ini adalah diharapkan hasil penelitian ini menjadi sumber informasi yang dapat memberikan kontribusi positif pada dosen dan Mahasiswa menjadi informasi yang mendukung untuk peningkatan metode Pembelajaran sehingga dapat meminimalisir permasalahan yang dihadapi Mahasiswa seperti stress dalam masa perkuliahan Kata Kunci : Pengalaman Pembelajaran daring, Tingkat Stres

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 01 Oct 2022 06:18
Last Modified: 01 Oct 2022 06:18
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item View Item