Studi Komparatif Perkembangan Kognitif Dan Masalah Perilaku Emosional Anak Usia Prasekolah Yang Mengikuti Dan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini Di Rw 04 Kelurahan Kenanga Cipondoh

Hiklimah Zulkarnain, . (2022) Studi Komparatif Perkembangan Kognitif Dan Masalah Perilaku Emosional Anak Usia Prasekolah Yang Mengikuti Dan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini Di Rw 04 Kelurahan Kenanga Cipondoh. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
MANUSCRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dinimemilki peran yang sangat penting dalam mengembangkan stimulasi yang sesuai untuk aspek perkembangan anak prasekolah yaitu meliputikemampuan motorik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, kemandirian, perilaku dan nilai-nilai agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan perkembangan kognitif dan masalah perilaku emosional anak usia prasekolah yang mengikuti dan yang tidak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan desain deskriptif komparatif dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tenik Total sampling dengan jumlah 80 sampel. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kognitif baik pada anak usia prasekolah yang mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini yaitu 37 (92,5%) dan anak usia prasekolah yang tidak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini memiliki perkembangan kognitif kurang yaitu 35 (87,5%). Pada masalah perilaku emosional normal anak yang mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini yaitu 37 (92,5%) dan anak yang tidak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini memiliki masalah perilaku emosional tidak normal yaitu 38 (95%). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai p-value = 0,000 untuk perkembangan kognitif anak usia prasekolah yang mengikuti dan yang tidak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini dan nilai p-value = 0,000 untuk masalah perilaku emosional anak usia prasekolah yang mengikuti dan yang tidak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini. Kesimpulan menunjukkan bahwa ada perbedaan perkembangan kognitif anak usia prasekolah yang mengikuti dan yang tidak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini dan ada perbedaan masalah perilaku emosional anak usia prasekolah yang mengikuti dan yang tidak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan anak dapat memperoleh pendidikan sejak dini dan stimulasi yang sesuai agar perkembangan optimal dapat terjadi. Kata kunci : perkembangan kognitif, perilaku emosional, Pendidikan Anak Usia Dini Jumlah referensi : 58 Tahun referensi : 2010-2022

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:12
Last Modified: 03 Oct 2022 03:12
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2517

Actions (login required)

View Item View Item