Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Uptd Puskesmas Sukmajaya Depok

Khairunissa Anwar, . (2022) Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Uptd Puskesmas Sukmajaya Depok. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang baik merupakan pelayanan yang berorientasi langsung dalam proses penggunaan obat, bertujuan menjamin keamanan, efektifitas dan kerasionalan penggunaan obat dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan fungsi dalam perawatan pasien. Penyelenggaraan tersebut di Puskesmas akan berlangsung optimal dan memiliki mutu yang baik apabila didukung oleh ketersediaan sumber dan manusia, ketersediaan perbekalan kefarmasian yang cukup, dan standar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan diolah secara analisis univariat dengan pendekatan survei. Populasi tahun 2021 di UPTD Puskesmas Sukmajaya Depok dan sampel yang diperoleh sebanyak 229 responden. Data primer diperoleh melalui instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner. Dari data hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwa pasien dengan usia paling banyak dating ke Puskesmas adalah rentang usia 26 - 35 tahun. Berdasarkan jenis kelamin yang terbanyak berkunjung yaitu perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis statistic diperoleh kepuasan pasien pada dimensi kehandalan berada pada kategori “cukup puas” (49,8%), pada dimensi ketanggapan berada pada kategori “cukup puas” (51,1%), pada dimensi jaminan dan empati berada pada kategori “cukup puas” (52,0%), dan pada dimensi bukti fisik berada pada kategori “cukup puas” (48,5). Hal ini dikarenakan petugas kefarmasian sudah bekerja dengan baik dan sesuai SOP, namun ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi oleh manajemen Puskesmas seperti nenambah kursi dan memperluas ruang tunggu. Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasian, Kualitas Pelayanan Kefarmasian Referensi : Jurnal Tahun : 2012 - 2022 Jumlah Referensi : 18

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:23
Last Modified: 03 Oct 2022 07:23
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2528

Actions (login required)

View Item View Item