Efektivitas Penggunaan Media Animasi Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Saat Pandemi Covid-19 Di Kb-Tk Hamzah Ciputat Tangerang Selatan

Medina Azzahra Siregar, . (2022) Efektivitas Penggunaan Media Animasi Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Saat Pandemi Covid-19 Di Kb-Tk Hamzah Ciputat Tangerang Selatan. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Dampak penyebaran wabah Covid-19 yang ada diseluruh dunia, termasuk di Indonesia terjadi pada perubahan sistem Pendidikan. sejak tanggal 24 Maret 2020 secara resmi proses pembelajaran pada semua jenjang pendidikan termasuk pendidikan anak usia dini diwajibkan untuk melakukan proses pembelajaran melalui sistem pembelajaran daring. Media pembelajaran yang populer dan banyak digunakan pada proses pembelajaran daring adalah animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media animasi pembelajaran daring terhadap perkembangan kognitif anak usia dini pada masa pandemi covid-19 di KB-TK Hamzah Ciputat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini terdiri dari informan pangkal yaitu, kepala sekolah dan guru KB-TK Hamzah dan informan kunci yaitu, Orang tua siswa KB-TK Hamzah Ciputat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak. Perkembangan kognitif siswa KB-TK Hamzah Selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 siswa KB-TK Hamzah dalam aspek kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berfikir logis dan kemampuan berfikir simbolik termasuk dalam kategori mampu dan cukup mampu. Berdasarkan data yang diperoleh dilapangan bahwa penggunaan media animasi pada saat pembelajaran daring layak digunakan karena mampu meningkatkan perkembangan kognitif anak, hal itu dapat dilihat dari pencapaian kognitifnya selama masa pandemi covi-19 dimana anak sudah mampu memecahkan masalah, berfikir logis dan berfikir simbolik. Kata kunci : Pandemi Covid-19, Media Animasi, Perkembangan Kognitif Kepustakaan : 30 (2012-2021)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:04
Last Modified: 04 Oct 2022 03:04
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item