Hubungan Komunikasi Efektif Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Ciputat Periode Mei Tahun 2022

Putri Nur Umaroh, . (2022) Hubungan Komunikasi Efektif Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Ciputat Periode Mei Tahun 2022. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
MANUSCRIPT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi efektif ikut berperan sangat penting dalam mencapai kepuasan pelayanan kesehatan, tidak saja sekedar cukup menyampaikan informasi saja, tetapi maksud di dalamnya juga memiliki penyampaian informasi tentang perasaan, dan sikap dari seseorang yang menerima informasi tersebut dan pemberi dari informasi. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Ciputat periode Mei Tahun 2022. Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain crosssectional dengan pendekatan desktiptif analitik untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Ciputat. Populasi dalam penelitian ini diambil berdasarkan rata- rata pasien pada bulan Januari sampai dengan April tahun 2022 di Puskesmas Ciputat yang berjumlah 2974 pasien dan banyaknya sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%, maka diperoleh sampel pasien pada Puskesmas Ciputat yang berjumlah 97 orang sebagai responden. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini diketahui Komunikasi efektif tenaga kesehatan di Puskesmas memiliki nilai variabel sebesar 4,106 yang berarti berada pada kategori baik. Kepuasan pasien di Puskesmas Ciputat memiliki nilai variabel sebesar 4,25 yang berarti berada pada kategori sangat puas. Hasil signifikasi pengaruh parsial (uji t) dengan nilai t hitung adalah 12,443 > t tabel 1,661 dan nilai r untuk hubungan komunikasi efektif dengan kepuasan pasien adalah sebesar 0,787 dimana korelasi berada diantara 0,600-0,799 yang berarti hubungan komunikasi efektif dengan kepuasan pasien Kuat. Kata Kunci : Hubungan, Komunikasi Efektif, Kepuasan Pasien. Referensi : Buku, Jurnal, KTI dan Skripsi. Tahun : 2012 s/d 2018. Jumlah referensi : 21

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 13 Oct 2022 04:52
Last Modified: 13 Oct 2022 04:52
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2641

Actions (login required)

View Item View Item