Hubungan Burnout Dengan Prestasi Belajar Pada Santri Kelas I Smp Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung Jayanti Kabupaten Tangerang

Indah Zahrotun Nisa, . (2019) Hubungan Burnout Dengan Prestasi Belajar Pada Santri Kelas I Smp Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung Jayanti Kabupaten Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)

Abstract

Kejenuhan (Burnout) belajar merupakan fenomena yang umum terjadi pada siswa. Kejenuhan belajar yaitu suatu kondisi mental seseorang saat mengalami rasa bosan dan lelah yang amat sangat menyiksa sehingga menyebabkan timbulnya rasa enggan, lesu,dan tidak bersemangat melakukan aktivitas belajar (Thursan Hakim, 2014). Menurut penelitian Firmansyah (2012) 14,6 % siswa mengalami kejenuhan belajar katagori tinggi, 72,9% pada katagori sedang, serta 12.5% pada katagori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan burnout dengan prestasi belajar pada santri kelas I SMP Pondok Pesantren. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan data skunder (dokumen prestasi belajar santri kelas I pondok pesantren Daar El-Qolam), penelitian ini memakai metode penelitian cross sectional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner dan dokumen prestasi belajar pondok pesantren Daar El-Qolam. Jumlah sample sebanyak 141 santri di SMP Pondok Pesantren Daar El-Qolam Tahun 2019. Dari Hasil penelitian diperoleh santri kelas I SMP bahwa 56 responden (70,0%) memiliki burnout tinggi dengan prestasi belajar tidak tuntas dan hanya 28 responden (45,9%) memiliki burnout tinggi dengan prestasi tuntas. Sebaliknya sebanyak 33 orang (54,1%) memiliki burnout rendah dengan prestasi tuntas, dan sebanyak 24 Orang (30,0%) memiliki burnout rendah disertai prestasi belajar tidak tuntas. Hasil uji statistik diperoleh nilai (p-value=0,004, α:0,05) maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara burnout dengan prestasi belajar. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan institusi pendidikan dapat meningkatkan kedekatan dengan siswa serta memberikan motivasi dan meminimalkan tingkat burnout pada santri sehingga diharapkan burnout pada santri kelas I dapat berkurang dan prestsi belajar dapat meningkat. Kata kunci : burnout, prestasi belajar. Referensi : 24 (8 buku, 14 jurnal, 2 artikel) Tahun : 2010 – 2018

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:32
Last Modified: 17 Nov 2022 07:32
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2923

Actions (login required)

View Item View Item