Hubungan Pola Asuh Orang Tua, Kepribadian Guru Dan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Di Smpn 14 Tangerang Selatan

Mutia Tri Dimyati, . (2019) Hubungan Pola Asuh Orang Tua, Kepribadian Guru Dan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Di Smpn 14 Tangerang Selatan. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian World Health Organization (WHO) tahun 2012, didapatkan bahwa 104 dari 1.000 anak yang berusia 4-15 tahun mengalami masalah emosional. Masalah emosi ini erat kaitannya dengan kecerdasan emosional seseorang. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur emosinya dengan intelegensi (to manage our emotional life with intelligence), menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya (the appropriateness of emotions and it’s expressions) melalui keterampilan, kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Keluarga dan lingkungan adalah faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua, kepribadian guru dan pergaulan teman sebaya dengan kecerdasan emosional di SMPN 14 Tangerang Selatan. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dan menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 186 responden dari siswa kelas VII dengan menggunakan teknik stratified random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menggunakan uji statistik spearman rank diperoleh ada hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional menunjukkan nilai signifikansi 0,002, tidak ada hubungan kepribadian guru dengan kecerdasan emosional menunjukkan nilai signifikansi 0,408, ada hubungan pergaulan teman sebaya dengan kecerdasan emosional menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan hasil uji statistik regresi logistik menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap kecerdasan emosional adalah pergaulan teman sebaya dengan nilai signifikansi 0,000 dengan nilai (OR=1,281). Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi institusi pendidikan khususnya bagi mahasiswa dalam pengupayaan meningkatkan kecerdasan emosional dengan menyebarluaskan informasi tentang pola asuh orang tua, kepribadian guru dan pergaulan teman sebaya. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Orang Tua, Kepribadian Guru dan Pergaulan Teman Sebaya Kepustakaan : 39 (2008-2018)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 19 Nov 2022 02:54
Last Modified: 19 Nov 2022 02:54
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item View Item