Selvy Asperiani, . (2024) Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Terhadap Swamedikasi Dismenore (Nyeri Haid) Di Lingkungan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Pusat Leuwisadeng Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
Text
Manuscrip apih.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
Abstract
Dismenore merupakan permasalahan ginekologikal utama yang saat ini paling sering dikeluhkan oleh remaja. Prevalensi yang tinggi akan menimbulkan beberapa dampak-dampak negatif apabila dismenore tidak ditangani. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri terhadap swamedikasi dismenore (nyeri haid) di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Pusat Leuwisadeng Bogor. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 115 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan para remaja putri terhadap swamedikasi dismenore dalam tingkat baik sebanyak 98 responden (85,2%), kategori cukup sebanyak 12 responden (10,4%), kategori kurang sebanyak 5 responden (4,3%). Sedangkan sikap remaja putri terhadap swamedikasi dismenore dalam sikap baik sebanyak 93 responden (80,9%), kategori cukup sebanyak 15 responden (13,0%), kategori kurang sebanyak 7 responden (6,1%). Kesimpulan pada penelitian ini responden berdasarkan karakteristik usia terbanyak yaitu usia 16 tahun 43 responden (37,4%) dan kelas terbanyak yaitu kelas XI 42 responden (36,5%). Pengetahuan baik terhadap swamedikasi dismenore sebanyak 85,2% sedangkan untuk sikap baik terhadap swamedikasi dismenore sebanyak 80,9%. Kata Kunci : Dismenore, Sikap, Swamedikasi, Tingkat Pengetahuan.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Andika Rizky Nugraha |
Date Deposited: | 14 Sep 2024 04:15 |
Last Modified: | 14 Sep 2024 04:15 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3150 |
Actions (login required)
View Item |