Hubungan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Di Apotek Seger Prima Kabupaten Bogor

Rosmia Handayani Putri, . (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Di Apotek Seger Prima Kabupaten Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
MANUSKRIP HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DAN LOKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)

Abstract

Pelayanan yang tepat memberikan kepuasan dan loyalitas bagi pelanggan. Seperti bisnis lainnya, apotek juga memerlukan loyalitas pelanggan untuk keberlanjutan perusahaan. Loyalitas penting mengingat persaingan di industri farmasi yang ketat, sehingga bisnis perlu memberikan layanan unggul agar memiliki daya saing. Tujuan Peneltian ini untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen di Apotek Seger Prima Kabupaten Bogor. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan survey analitik dengan pendekatan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari – maret tahun 2024 di Apotek Seger Prima Kabupaten Bogor dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 341 responden yang diambil secara acak. Kualitas pelayanan, Lokasi dan Loyalitas Konsemen diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menggunakan analisis korelasi spearman rank test dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,252 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 pada tingkat taraf kepercayaan 0.05 atau 95%. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan Tingkat hubungan yang rendah. Berdasarkan pengujian menggunakan analisis korelasi spearman rank test dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi anatara lokasi terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,275 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 pada tingkat taraf kepercayaan 0.05 atau 95%. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan antara lokasi terhadap loyalitas konsumenyang berarti hubungan kedua variable tersebut rendah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kualitas pelayanan dan lokasi dinilai sangat baik, serta loyalitas konsumen sangat tinggi, hubungan antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap loyalitas konsumen masih tergolong rendah Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, Loyalitas Konsumen

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 17 Sep 2024 04:11
Last Modified: 17 Sep 2024 04:11
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3154

Actions (login required)

View Item View Item