Hubungan Pengetahuan Anak Tentang Dampak Penggunaan Gadget Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V Di Sdn Pakulonan Barat 1 Tangerang

Fitria Nurfauziah, . (2020) Hubungan Pengetahuan Anak Tentang Dampak Penggunaan Gadget Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V Di Sdn Pakulonan Barat 1 Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
manuskrip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)

Abstract

Berdasarkan data dari Internet World Statistics(IWS)tahun 2019Indonesia menduduki posisi ke 4 dalam 20 negara yang paling banyak menggunakan internetdengan jumlah pengguna internet sebanyak 171.260.000. Menurut Studi berjudul "Digital Citizenship Safety among Children and Adolescents in Indonesia, setidaknya 30 juta anak-anak dan remaja di Indonesia merupakan pengguna internet, dan kebanyakan orang mengakses internet menggunakan gadgetdan mirisnya saat ini banyak anak dibawah 12 tahun menggunakan gadget bukan untuk belajar atau mencari informasi tetapi untuk bermain game. Padahal nyatanya penggunaan gadget dibawah 12 tahun lebih dominan pada dampak negatifnya, seperti radiasi yang dapat merusak jaringan syaraf dan otak serta dapat menyebabkan kesehatan mata menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan anak tentang dampak penggunaan gadget dengan prestasi belajarpada siswa kelas V di SDN Pakulonan Barat 1 Tangerang.Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan memakai metode penelitian cross sectional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 44 siswa kelas V di SDN Pakulonan Barat 1 Tangerang Tahun 2020.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa anak yang memiliki pengetahuantentang dampak penggunaan gadget baik sebanyak 35 responden (80%) berhubungan dengan prestasi belajar tinggi. Hasil uji statistik diperoleh nilai (ρ- value = 0,018< α 0,05) maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan yang yang signifikan antara pengetahuan anak tentang dampak penggunaan gadget dengan prestasi belajar.Saran dari hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi institusi khususnya bagi mahasiswa dalam pengupayaan meningkatkan prestasi belajar dengan menyebarluaskan informasi tentang pengetahuan anak tentang dampak penggunaan gadget. Kata kunci :pengetahuan anak tentang dampak penggunan gadget, prestasi belajar Referensi:31 Tahun referensi:( 2010-2019)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 31 May 2021 05:03
Last Modified: 31 May 2021 05:03
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item