Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Pacaran Pada Remaja Kelas Viii Di Mts Sirajul Falah Parung Bogor

Vitriani, . (2020) Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Pacaran Pada Remaja Kelas Viii Di Mts Sirajul Falah Parung Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER VITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
FILE BAB I VITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
FILE BAB II VITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
FILE BAB III VITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
FILE BAB IV VITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
FILE BAB V VITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
FILE BAB VI VITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
FILE MANUSKRIP VITRIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali perasaan sendiri dan orang lain serta mampu mengelola emosi tersebut dengan memotivasi diri sendiri. Kecerdasan emosi sangat diperlukan oleh anak remaja yang sangat rentan dengan tindakan delinkuen (berandalan) (Aprilia, 2014). Berdasarkan hasil survei kesehatan reproduksi remaja, remaja Indonesia pertama kali pacaran pada usia 15-17 tahun. sekitar 33,3% remaja perempuan dan 34,5% remaja laki-laki yang berusia 15-19 tahun mulai berpacaran pada saat mereka belum berusia 15 tahun. 92% remaja berpegangan tangan saat pacaran,82% berciuman, 63% rabaan petting. Perilaku-perilaku tersebut kemudian memicu remaja melakukan hubungan seksual (Riskesdas, 2013). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku pacaran pada remaja. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan memakai metode Chi-Square dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 66 remaja di MTs Sirajul Falah Parung Bogor Tahun 2020. Dari hasil penelitian diperoleh kecerdasan emosional yang kurang dengan perilaku pacaran tinggi sebanyak 8 responden (80.0%), kecerdasaan emosional kurang dengan perilaku pacaran sedang sebanyak 2 responden (20.0%). Hasil kecerdasan emosional sedang dengan perilaku pacaran tinggi sebanyak 10 responden (34.5%), kecerdasan emosional sedang dengan perilaku pacaran sedang sebanyak 18 responden (62.1%), kecerdasan emosional sedang dengan perilaku pacaran rendah sebanyak 1 responden (3.4%). Sedangkan kecerdasan emosional baik dengan perilaku pacaran tinggi sebanyak 19 responden (70.4%), kecerdasan emosional baik dengan perilaku pacaran sedang sebanyak 6 responden (22.2%), kecerdasan emosional baik dengan perilaku pacaran rendah sebanyak 2 responden (7.4%). Hasil analisis dengan menggunakan rumus Chi Square didapatkan hasil uji statistik analisis hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku pacaran diperoleh nilai p-value = 0.016 < α = 0.05. Maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku pacaran pada remaja kelas VIII di MTs Sirajul Falah Parung Bogor. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Perilaku Pacaran. Referensi: 25 Tahun Referensi: 2008-2019

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:16
Last Modified: 03 Jun 2021 04:16
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item