Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Lingkungan Rt 05 Rw 09 Rangkapan Jaya Baru Kota Depok

Diah Ayu Munawaroh, . (2020) Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Lingkungan Rt 05 Rw 09 Rangkapan Jaya Baru Kota Depok. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
MANUSKRIP DIAH AYU MUNAWAROH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)

Abstract

Menurut Riskesdas (2018) menunjukkan sebanyak 26% anak usia sekolah di Indonesia hanya mengkonsumsi minuman pada waktu sarapan contohnya dengan minum air putih, minum teh, atau hanya minum susu dan juga tidak semua anak yang sarapan pagi sudah menerapkan pola sarapan pagi yang sehat dan seimbang. Berdasarkan data hanya 10,6% anak yang sarapan mencukupi asupan energi sebesar 30%. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan desain penelitian non probability sampling dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk kebiasaan sarapan pagi adalah kuesioner (angket) dan untuk konsentrasi belajar menggunakan digit symbol test. Jumlah sampel sebanyak 55 responden. Analisa bivariat menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil Penelitian dengan kuesioner sarapan pagi diperoleh sebanyak 73% anak yang terbiasa sarapan pagi dalam katagori cukup, sedangkan yang terbiasa sarapan pagi dalam katagori baik sebanyak 11% dan katagori kurang sebanyak 16%. Berdasarkan hasil konsentrasi belajar dengan digit symbol test didapatkan hasil dalam katagori kurang sebanyak 81% dan dalam katagori baik sebanyak 18%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar dengan hasil p value 0,000. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan kebiasaan sarapan pagi meningkat agar konsentrasi dan aktivitas apapun tidak terganggu. Kata kunci : kebiasaan sarapan pagi, konsentrasi belajar.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:17
Last Modified: 03 Jun 2021 05:17
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item