Perbedaan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di Smk Pedesaan Dan Perkotaan Bogor

Arnovianti Ditya Wulandari, . (2020) Perbedaan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di Smk Pedesaan Dan Perkotaan Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
MANUSCRIPT ARNOVIANTI D.W.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Organisation for Economic Co-Operation and development (OECD) telah mengeluarkan hasil Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2018 bahwa prestasi belajar peserta didik di Indonesia berada di peringkat ke-72 dari 77 negara. Salah satu faktor penyebab masalah-masalah diatas dikarenakan faktor internal dari siswa yaitu kurangnya minat belajar dalam pembelajaran. Tujuan penelitian : penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pedesaan dan perkotaan Bogor. Jenis Penelitian : penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang menggunakan data primer (Kuesioner) dan data sekunder (raport siswa) dengan pendekatan cross sectional untuk mengetahui perbedaan antara variabel independen dengan dependen. Jumlah sampel sebanyak 132 siswa dengan 47 siswa di SMK Mutiara Bangsa dan 85 siswa di SMK Permata 2. Hasil Penelitian : dari hasil penelitian diperoleh hasil uji statistik menggunakan Uji Wilcoxon Test dengan hasil p=0,000 (p<0,05.) Kesimpulan Penelitian : maka dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Permata 2 dan Mutiara Bangsa. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan institusi pendidikan dapat meningkatkan dan menentukan program yang dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga bisa mendapatkan prestasi belajar yang baik. Kata kunci : Minat belajar, Prestasi belajar Referensi : 25 (Buku dan Jurnal) Tahun referensi : 2010-2019

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:31
Last Modified: 10 Jun 2021 03:31
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item