Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Intensi Perilaku Pengelolaan Sampah Konsep 3r Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Binong I Kabupaten Tangerang Tahun 2019

Dian Ayu Fardani, . (2019) Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Intensi Perilaku Pengelolaan Sampah Konsep 3r Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Binong I Kabupaten Tangerang Tahun 2019. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB II EDIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
JURNAL MANUSKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)

Abstract

Berdasarkan Renstra Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang Tahun 2014-2018 Pada tahun 2016 Kota Tangerang memiliki jumlah penduduk 2.047.105 jiwadengan produksi timbulan sampah yang dihasilkan ialah 5.978 m3/hari atau seberat 1.228 ton/hari. Peran siswa dalam pengelolaan sampah diperlukan dalam meminimalisir penumpukan produksi sampah di TPA Jatiwaringin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dilakukannya penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan dan intensi perilaku antar kelompok kontrol dan eksperimen dalam pengelolaan sampah konsep 3R melalui intervensi penyuluhan pada siswa kelas V SDN Binong I. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan rancangan non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Binong I sebanyak 60 siswa, dengan sampel sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol dengan kriteria bersedia mengikuti penelitian sampai selesai dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Lokasi penelitian yaitu di Sekolah Dasar Negeri Binong I Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan pada tahun 2019 dengan menggunakan instrumen kuesioner pre test dan post test. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji beda Wilcoxon untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengetahuan dan intensi perilaku antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji statistik Wilcoxon menunjukan selisih pengetahuan pre test dan post test pada kelompok eksperimen (p-value=0,012) dan (p-value=0,045) pada pre test dan post test kelompok kontrol. Dari hasil penelitian ini ada perbedaan dilakukannya penyuluhan terhadap pengetahuan dan intensi perilaku siswa dalam pengelolaan sampah konsep 3R pada kelompok eksperimen dengan nilai p-value= <0,05. Pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan pada pre test dan post test dengan nilai p-value=>0,05. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi SD N Binong I dapat mengadakan sosialisasi terkait pengelolaan sampah konsep 3R dan menyediakan fasilitas pemilahan sampah di sekolah guna mengurangi sampah plastik dan menjaga kebersihan sekolah. Kata kunci : pengelolaan sampah, pengetahuan, intensi perilaku, 3R, penyuluhan. Kepustakaan : 31 (2000-2018)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 16 Jun 2021 07:12
Last Modified: 16 Jun 2021 07:12
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item