Hubungan Media Sosial Instagram Dengan Self-Esteem Pada Remaja Kelas Xii Jurusan Jasa Boga Di Smk Negeri 2 Depok

Yasa Nabillah, . (2020) Hubungan Media Sosial Instagram Dengan Self-Esteem Pada Remaja Kelas Xii Jurusan Jasa Boga Di Smk Negeri 2 Depok. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)

Abstract

Kepopularitasan instagram dalam media sosial dikalangan remaja dapat mengalahkan facebook. Survei yang telah dilakukan oleh lembaga riset Piper Jaffray terhadap remaja Amerika Serikat (AS) membuktikan bahwa 33% remaja yang berusia 13-19 tahun, dominan lebih banyak mengakses instagram, sedangkan yang mengakses twitter sebesar 20%. Sehingga ditempatkan menjadi peringkat ke-2 (Widiartanto, 2015). Self-esteem merupakan sikap seseorang berdasarkan persepsi tentang bagaimana ia menghargai dan menilai dirinya sendiri secara keseluruhan, yang berupa sikap positif atau negatif terhadap dirinya (Mruk, 2006 dalam Handayani, 2015). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan media sosial instagram dengan self-esteem. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan memakai metode Chi-square dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 94 remaja di SMK Negeri 2 Depok Tahun 2020. dari hasil penelitian diperoleh penggunaan instagram yang kurang dengan self-esteem yang tinggi sebanyak 19 responden (38.0%), penggunaan instagram kurang dengan self-esteem cukup sebanyak 31 responden (62.0%). Hasil penggunaan instagram baik dengan self-esteem baik sebanyak 24 responden (54.5%), penggunaan instagram baik dengan self-esteem cukup sebanyak 17 responden (38.6%), penggunaan instagram baik dengan self-esteem kurang sebanyak 3 responden (6.8%). Berdasarkan hasil analisis dengan menggunkan rumus Chi Square didapatkan hasil uji statistik analisis hubungan media sosial instagram dengan self-esteem diperoleh nilai p-value = 0.026 < α = 0.05. Maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Media Sosial Instagram Dengan Self-Esteem Pada Remaja Kelas XI Jurusan Jasa Boga Di SMK Negeri 2 Depok. Kata kunci: Penggunaan Instagram, Self-Esteem. Referensi: 15 Tahun Referensi: 2001-2018

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:27
Last Modified: 14 Jul 2021 04:27
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item