Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Tindakan Kekerasan Anak Dengan Gangguan Psikososial Di Madrasah Aliyah Attaqwa Belendung Tangerang

Mega Anandya Arifia, . (2020) Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Tindakan Kekerasan Anak Dengan Gangguan Psikososial Di Madrasah Aliyah Attaqwa Belendung Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada tahun (2019) menyatakan bahwa bahwa, 38,10% kekerasan guru atau kepala sekolah terhadap siswa dan 38,10% kekerasan siswa terhadap siswa.Selain itu menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2019, menyebutkan bahwa korban kekerasan psikis dan bullying masih tertinggi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gubungan pengetahuan remaja tentang tindakan kekerasan anak dengan gangguan psikososial di Madrasah Aliyah Attaqwa Belendung Tangerang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional,data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner melalui google form. Jumlah sampel sebanyak 84 siswa/i. Hasil penelitian diperoleh dari 84 responden pengetahaun yang baik dengan tidak pernah mengalami gangguan psikososial lebih dari setengahnya sebanyak 30 responden (71,4%) dan pengetahuan baik dengan pernah mengalami gangguan psikososial hampir setengahnya sebanyak 12 responden (28,6%). Sedangkan dengan pengetahuan cukup dengan tidak pernah mengalami gangguan psikososial hampir setengahnya sebanyak 19 responden (45,2%) dan pengetahuan cukup dengan pernah mengalami gangguan psikososial lebih dari setengahnya sebanyak 23 responden (54,8%). Hasil uji statistik diperoleh( p-value = 0,027< α = 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan remaja tentang tindakan kekerasan anak dengan gangguan psikososial di Madrasah Aliyah Attaqwa Belendung Tangerang. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan sebagai masukan kecendrungan melakukan tindakan kekerasan yang mungkin terjadi kepada siswanya, sehingga guru dapat memberikan bimbingan dan perlindungan kepada siswa-siswi korban kekerasan. Kata kunci : Pengetahuan, Tindakan Kekerasan, Gangguan Psikososial Jumlah referensi : 32 Tahun referensi : 2010-2020

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:53
Last Modified: 21 Jul 2021 04:53
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item