Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Pelayanan Tb Paru Di Uptd Puskesmas Cikupa Kabupaten Tangerang

Ida Laelah, . (2021) Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Pelayanan Tb Paru Di Uptd Puskesmas Cikupa Kabupaten Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Suatu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien TB dengan menjalani proses penyembuhan yaitu dengan rutin mengkonsumsi obat berdasarkan konsep pengobatan TB. Pemberian pelayanan yang optimal dapat menigkatkan motivasi pasien untuk terus melakukan pengobatan secara rutin sesuai dengan waktu yang ditentukan. Komunikasi dalam praktek keperawatan adalah suatu alat yang penting untuk membina hubungan teraupetik dan dapat mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang pelayanan TB Paru di UPTD Puskesmas Cikupa Kabupaten Tangerang Tahun 2020. Metode penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif yang menggunakan kuesioner untuk mengukur komunikasi terapeutik dan kepuasan, penelitian ini memakai metode penelitian cross sectional dengan tujuan untuk mengindentifikasi komunikasi terapeutik dan kepuasan yang dilakukan pada waktu bersamaan. Jumlah sampel sebanyak 81 responden pasien TB Paru di Puskesmas Cikupa Kabupaten Tangerang yang melakukan kunjungan pengobatan ke ruang pelayanan TB paru dengan tehnik accidental sampling. Hasil penelitian diperoleh dari 81 responden didapatkan hasil lebih dari setengahnya komunikasi terapeutik perawat baik sebanyak 54,3% dan lebih dari setengah dengan kepuasan pasien tinggi sebanyak 51,9%. Hasil uji statistik menggunakan rumus Spearman diperoleh nilai (p-value=0,000, α:0,05) dengan nilai r = 0,693 maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien memiliki hubungan yang kuat. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan perawat dapat meningkatkan kinerjanya khususnya dalam melaksanakan komunikasi terapeutik perawat dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga dapat menjalin kerjasama yang baik antara pasien dan perawat yang nantinya dapat menciptakan rasa aman dan nyaman serta kepuasan. Kata kunci : Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien. Referensi : 59 (2013 – 2020)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:34
Last Modified: 12 Aug 2021 03:34
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item