Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Rsud Balaraja Kabupaten Tangerang

Yunengsih, . (2021) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Rsud Balaraja Kabupaten Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
MANASKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Pendahuluan: Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan produktif, untuk itu diperlukan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terkendali biaya dan kualitasnya. Salah satu tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kesan terhadap kinerja atau hasil produk dan harapan-harapnnya. Ada dua komponen yang akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien, yaitu komponen harapan pasien dan komponen kinerja/mutu layanan kesehatan. Tujuan Penelitian: Mengetahui mutu kualitas layanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS di RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua perseta Pasien BPJS yang berjumlah 100 Responden. Dengan Analisis data menggunakan uji chi square . Hasil : Mutu Kualitas layanan kesehatan yang diberikan RSUD Balaraja kepada pasien BPJS Kesehatan lebih dari setengahnya 62 (62%) menyatakan baik terhadap mutu kualitas pelayanan. Tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan lebih dari setengahnya 52 (52%) menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Uji Bivariat menunjukan Adanya hubungan antara kualitas layanan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang dengan Nilai P-Value = 0,001 lebih kecil dari alfa 0,05. Dengan hasil Kualitas mutu pelayanan lebih dari setengahnya 62% menyatakan baik dan tingkat kepuasan pasien lebih dari setengahnya yaitu 52% menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS, SERVQUAL Kepustakaan : 34 (1997-2020)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 11 Sep 2021 04:49
Last Modified: 11 Sep 2021 04:49
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item View Item