Liswati Friana Sipayung, . (2020) Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Apotek Leontin Farma Bsd Periode Maret - April Tahun 2020. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
MANUSCRIPT.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
Abstract
Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktik kefarmasian oleh apoteker (Permenkes RI No 73 tahun 2016). Pelayanan kefarmasian menurut peraturan pemerintah RI No. 51 tahun 2009 adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggungjawab pada pasien yang berhubungan dengan sediaan farmasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan penampilan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan memberikan kuisioner tentang penilaian kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian kepada 100 responden yang datang ke Apotek Leontin Farma BSD. Teknik sample yang digunakan adalah Quota Sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa 100 kuisioner yang dibagikan ke pasien untuk memberikan penilaian tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Leontin Farma BSD terdiri dari pasien berjenis kelamin laki-laki sebanyak 58% dan berjenis kelamin perempuan sebanyak 42% dengan usia 17-26 tahun hingga >60 tahun. Kunjungan pasien terbanyak berdasarkan usia adalah 42-59 tahun sebanyak 35 pasien. Sedangkan untuk sistem penilaian tentang gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan kuisioner 5 dimensi pada bagian kehandalan adalah 100% kategori sangat puas, ketanggapan 100% kategori sangat puas, jaminan adalah sebanyak 100% kategori sangat puas, empaty sebanyak 100% kategori sangat puas serta penampilan sebanyak 100% kategori sangat puas. Sehingga presentase hasil penelitian tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Leontin Farma BSD periode maret-april tahun 2020 adalah sebesar 100% dengan kategori sangat puas. Serta harapan kepada petugas Apotek tersebut agar lebih bersikap ramah dalam melayani pelanggan karena pelayanan yang baik berpengaruh terhadap kualitas Apotek. Kata kunci : Gambaran kepuasan pasien, Tingkat pelayanan kefarmasian, Apotek Referensi : 11 (2001 -2016)
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Andika Rizky Nugraha |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 07:25 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 07:25 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/837 |
Actions (login required)
View Item |