Tinjauan Pelayanan Rekam Medis Rawat Jalan Di Puskesmas Bakti Jaya

Seto Prasetyo Utomo, . (2019) Tinjauan Pelayanan Rekam Medis Rawat Jalan Di Puskesmas Bakti Jaya. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER-converted_removed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
2.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
3.BAB II-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
4.BAB III-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
5.BAB IV-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
6.BAB V-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
jurnal-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Latar Belakang : Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktik pelayanan kesehatan, dan salah satu komponen yang potensial menyebabkan ketidakpuasan adalah menunggu dalam waktu yang lama. Lamanya waktu tunggu pasien merupakan salah satu hal penting dalam menentukan kualitas pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di Puskesmas Bakti Jaya diketahui bahwa pelaksanaan pelayanan pasien di rawat jalan sendiri masih belum berjalan dengan baik dan kurang maksimal khususnya yang terjadi pada pasien lama rawat jalan. Tujuan : Mengetahui pelayanan rekam medis rawat jalan, kegiatan rekam medis, sumber daya manusia, sumber daya material, waktu tunggu pelayanan rekam medis rawat jalan Metode : Jenis penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan yaitu Non probability Sampling Instrumen penelitian ini antara lain kuesioner, check list observasi, dan penilaian observasi waktu. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan cara analisa distribusi frukuensi dengan rumus. Hasil : Kegiatan Rekam Medis dalam pelayanan rekam medis rawat jalan di Puskesmas Bakti Jaya sudah dilakukan dengan baik tetapi tidak adanya manajemen yang mengatur atau membuat regulasi dalam bentuk SOP . Petugas rekam medis berjumlah 1 orang di nilai belum cukup dan tidak efektif dalam pelayanan rekam medis rawat jalan. Sumber daya material sudah lengkap . Waktu tunggu pelayanan rekam medis di Puskesmas Bakti Jaya di kategorikan lama > 60 menit (61.23%). Kesimpulan : Petugas rekam medis rawat jalan di Puskesmas Bakti Jaya berjumlah 1 orang di nilai belum cukup dan tidak efektif dalam pelayanan rekam medis rawat jalan. Waktu tunggu pelayanan rekam medis di Puskesmas Bakti Jaya di kategorikan lama berdasarkan Kepmenkes RI No.129/Menkes/SK/IV/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM). Saran : Puskesmas Bakti Jaya sebaiknya membuat kebijakan tertulis yang dikeluarkan dalam bentuk SOP (Standar Operasional Prosedur).terkait pelayanan rawat jalan khususnya menetapkan standar pelayanan terhadap waktu tunggu pasien. Kata Kunci : Pelayanan rawat jalan, Waktu tunggu, Referensi : 22 Tahun : 2006-2014

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 16 Jan 2021 04:01
Last Modified: 16 Jan 2021 04:01
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item