Fadhil Muntazar, . (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Klinik Tugu Sawangan Cinangka. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
![]() |
Text
FILE JURNAL.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di Klinik Tugu Sawangan Cinangka. Kepuasan pasien BPJS merupakan indikator penting dalam menilai kualitas layanan kesehatan, khususnya di instalasi farmasi yang berperan dalam penyediaan obat dan informasi terkait penggunaan obat kepada pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 109 responden yang merupakan pasien BPJS di Klinik Tugu Sawangan Cinangka. Kualitas pelayanan diukur berdasarkan aspek-aspek seperti kecepatan pelayanan, keramahan staf, dan keakuratan informasi yang diberikan. Sementara itu, fasilitas diukur berdasarkan ketersediaan obat, kenyamanan ruang tunggu, dan kemudahan akses informasi. Hasil analisis menggunakan regresi linier menunjukkan bahwa hanya kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan, seperti pelatihan staf dan peningkatan sistem manajemen, serta perbaikan fasilitas fisik, dapat meningkatkan kepuasan pasien BPJS secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen klinik dalam merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas farmasi. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Servqual, Kepuasan Pasien
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Andika Rizky Nugraha |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 05:58 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 05:58 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |