Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Pryksa Kawasan Bsd Ciater Tahun 2024

Rafika Safitri, . (2024) Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Pryksa Kawasan Bsd Ciater Tahun 2024. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)

Abstract

Kepuasan merupakan tingkat perasaan pasien ketika membandingkan kinerja pelayanan dengan harapannya. Dengan demikian, kepuasan pasien secara langsung mampu mengukur kualitas pelayanan kefarmasian seorang tenaga ahli farmasi di apotek. Banyaknya apotek di sekitar kita mendorong masyarakat untuk cerdas memilih apotek yang sesuai dengan kebutuhan dan daya beli diiringi kualitas produk serta pelayanan yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Pyksa kawasan BSD Ciater tahun 2024 berdasarkan lima indikator kualitas pelayanan yaitu keandalan pelayanan (reliability), ketanggapan pelayanan (responsiveness), ketersediaan obat (assurance), pemberian informasi obat (empathy), dan penampilan apotek (tangible). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pasien yang mendapat pelayanan kefarmasian di Apotek Pryksa kawasan BSD Ciater sebagai subjek. Pengambilan sampel secara accidental sampling menggunakan kuesioner. Karakteristik responden penelitian di Apotek Pryksa kawasan BSD Ciater tahun 2024, antara lain sebanyak 45 orang (52,9%) berjenis kelamin perempuan, 54 orang (63,5%) berumur dewasa (18-40 tahun), 33 orang (38,8%) memiliki tingkat pendidikan D3/S1/S2/S3, dan 25 orang (29,4%) bekerja sebagai pegawai swasta. Hasil perolehan nilai rata-rata dari data kuesioner menunjukkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan indikator keandalan pelayanan (reliability) sebesar 79,8%, ketanggapan pelayanan (responsiveness) 87,3%, ketersediaan obat (assurance) 69,6%, pemberian informasi obat (empathy) 83,4%, dan penampilan apotek (tangible) 74,6%. Gambaran kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Pryksa kawasan BSD Ciater Tahun 2024 berdasarkan hasil secara keseluruhan pasien merasa puas sebesar 78,9%. Kata kunci : Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Apotek Referensi : Jurnal, Karya Tulis Ilmiah, Skripsi Jumlah Referensi : 33

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 21 Nov 2024 11:00
Last Modified: 21 Nov 2024 11:00
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item