Bagas Hardiantono, . (2024) Pengaruh Persepsi Reservasi Online Melalui Mobile Jkn Terhadap Waktu Tunggu Pelayanan Di Instalasi Rawat Jalan Rs Bunda Sejati Tangerang Tahun 2024 V Bab + 116 Halaman + 16 Tabel + 2 Bagan + 13 Lampiran. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
![]() |
Text
Jurnal Bagas.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
Abstract
BPJS Kesehatan mensosialisasikan mobile JKN di 2.780 rumah sakit pada 2023 untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat. Hasilnya, 87% pengguna mengalami kendala utama, yaitu seringnya sistem eror yang mengakibatkan proses pelayanan menjadi terhambat. Berdasarkan hasil wawancara pada kepala staff Teknologi Informasi (TI) RS Bunda Sejati Tangerang, diketahui bahwa data dari 01 April 2024 sampai 31 Juni 2024 terdapat 208 pengguna layanan reservasi online mobile JKN, dari data tersebut terdapat bahwa 32 pasien pengguna reservasi online mobile JKN mengalami kendala berupa pembatalan jadwal dokter, dan gangguan sistem (server down) yang mengakibatkan pemberkasan internal menjadi terhambat yang menyebabkan waktu tunggu pelayanan pada pasien rawat jalan terganggu. Jenis penelitian ini analitik dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling dan besar sampel adalah 148 responden. Berdasarkan hasil uji parsial (t) nilai t-hitung untuk variabel persepsi reservasi online yaitu sebesar 5,594 > t-tabel yaitu 1,9763 dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05 menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak, artinya variabel persepsi reservasi online berpengaruh terhadap waktu tunggu pelayanan di Rumah Sakit Bunda Sejati Tangerang. Kata Kunci : Reservasi Online, Mobile JKN, Waktu Tunggu Pelayanan, Rumah Sakit
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Andika Rizky Nugraha |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 08:07 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 08:07 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |