Indriyani Nurfauziah, . (2025) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Video Animasi Dan Bermain Puzzle Untuk Peningkatan Kemampuan Cuci Tangan Pada Anak Tunagrahita Di Slb N Depok Citayam. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
![]() |
Text
manuskrip indri.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
Abstract
Anak tunagrahita adalah individu yang memiliki inteligensi yang berbeda dibawah rata- rata. Menurut World Health Organization mengatakan di seluruh dunia diperkirakan lebih dari 450 juta orang anak yang mengalami tunagrahita. Prevalensi anak tunagrahita di Indonesia diperkirakan 1-3% dari jumlah penduduk Indonesia, sekitar 6,6 juta jiwa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Pendidikan Kesehatan dengan metode video animasi dan bermain puzzle terhadap kemampuan cuci tangan pada anak tunagrahita. Metode Penelitian penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Pre-Eksperimen (Pre-eksperimen Design). Sampel teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Total Sampling karena jumlah populasi yang kurang dari 100. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi pre dan post Langkah mencuci tangan. Analisa data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon dengan nilai signifika (<a0,05). Hasil Penelitian pengaruh Pendidikan Kesehatan peningkatan kemapuan cuci tangan dengan metode video animasi diketahui nilai P-value 0,014, untuk pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan metode puzzle diketahui nilai P-value 0,003, untuk pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan metode keduanya diketahui nilai P-value 0,034. Kesimpulan ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh Pendidikan kesehtan dengan metode video animasi, puzzle, dan keduanya karena nilai semuanya <a 0,05. Saran diharapkan untuk peneliti selanjutnya bisa mengembangkan lebih luas. Kata Kunci: Tunagrahita, peningkatan cuci tangan
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Andika Rizky Nugraha |
Date Deposited: | 15 Mar 2025 03:31 |
Last Modified: | 15 Mar 2025 03:31 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |