Dedy Kurniawan, . and Eka Purningsih, . and Iga Fitriana Sari, . and mam Maulana, . (2025) Rancangan Pengembangan Prototipe Sistem Pendaftaran Apm Self Service Pasif Menjadi Mesin Pendaftaran Apm Self Service Speech Ai Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
![]() |
Text
MANUSCRIPT.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
Abstract
Peningkatan jumlah kunjungan pasien rawat jalan di rumah sakit sering kali menyebabkan antrean panjang di loket administrasi, Teknologi informasi dengan mesin APM dengan teori TAM (Technology Acceptance Model) dipelayanan kesehatan sangat efektif dalam mengurangi antrian dan waktu tunggu pasien rawat jalan, Speech AI adalah suatu teknologi buatan dimana sistem dalam suatu komputer dapat memahami keinginan dan menjadi petunjuk alur prosedur untuk mencapai tujuan pengguna. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan Mesin APM berbasis Speech AI. Tujuan Project: Mengembangkan rancangan sistem mesin ajungan pendaftaran mandiri dengan speech AI sebagai pemandu proses pendaftaran, check in, dan penerbitan jaminan BPJS secara mandiri di instalasi rawat jalan RS Sari Asih Ciputat Metode: Penelitian ini menggunakan terstruktur yang peneliti lakukan langsung 2 sesi yaitu kepada User dan ahli Informasi Teknilogi di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat. Hasil: Prototipe dapat dioperasionalkan dengan baik, uji testing atau modul proses rangkaian pendaftaran (input,proses dan output) pada mesin apm dapat dioperasionalkan dan dapat mengeluarkan suara AI sesuai parameter yang ditetapkan oleh programmer. Hasil ini sesuai dengan planning pada program rancangan produk bahwa penambahanntriger pada rangkaian proses pendafatran di Mesin Ajungan Pendafatran Mandiri Speech AI dapat dinstalsi dan di aplikasikan pada Mesin Ajungan Pendaftaran Mandiri. Triger Speech AI dapat diinstalasi pada tahap Input, Proses dan Output dan menghasilkan suara atau kata perintah untuk user.Kesimpulan:Sistem pada mesin ajungan pendafataran mandiri dapat dikembangankan menjadi speech AI berupa kalimat perintah sederhana untuk user. Saran: pada penelitian selanjutnya disiarankan memilih responden dengan karakteristik responden yang sama, pengembangan mesin APM bila sudah berbasis speech Ai masih sangat memungkinkan untuk mengembangkan fitur yang ada pada mesin bukan hanya mesin aktivasi pendaftaran saja namun mungkin dapat ditambah fitur perjanjian kunjungan selanjutnya ke pelayanan kesehatan. Kata Kunci: Mesin Ajungan Pendaftaran Mandiri (APM), Speech AI, Layanan Administrasi Daftar Pustaka: (26) 2018-2024
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Andika Rizky Nugraha |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:20 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:20 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3382 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |