Hubungan Tingkat Stres Siswa Mengenai Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Di Mi Khoirul Huda Tangerang

Tami Indah Pratiwi, . (2021) Hubungan Tingkat Stres Siswa Mengenai Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Di Mi Khoirul Huda Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. FILE COVER.pdf

Download (795kB)
[img] Text
2. FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
3. FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
4. FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
5. FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
6. FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
7. FILE BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
9. FILE JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)

Abstract

Virus Covid-19 pada tahun 2020 memberikan dampak yang luar biasa hampir pada semua bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Dengan adanya virus Covid-19 ini membuat proses pembelajaran menjadi berubah dari yang tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Stressor yang paling menyebabkan stres yaitu kesulitan memahami materi secara daring dan kehawatiran tertular Covid. Masalah-masalah yang timbul selama pembelajaran dengan media daring jika tidak dapat diadaptasi oleh siswa maka dapat menimbulkan stres. Prestasi belajar kurang dikarenakan siswa tidak terlalu fokus dalam menyelesaikan tugasnya, tugas yang diberikan oleh guru tidak sesuai dengan mata pelajaran sehingga nilai siswa turun sehingga siswa tidak bersemangat. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya hubungan tingkat stres siswa mengenai pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar di MI Khoirul Huda Tangerang. Metode penelitian ini merupakan desain kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner)dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Hubungan Tingkat Stres Siswa mengenai Pembelajaran Daring di masa pandemi covid-19 terhadap Prestasi Belajar di MI Khoirul Huda Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas 4,5 dan 6 di di MI Khoirul Huda Tangerang yang berjumlah 133 siswa/i dengan jumlah sampel 79 responden. Teknik yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simpel random sampling. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Berdasarkan analisis data dengan uji Chi Square dengan derajat kemaknaan p < 0,05 (5%). Hasil uji statistik didapatkan nilai (p-value = 0,001) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan tingkat stres siswa mengenai pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar di MI Khoirul Huda Tangerang. Saran bagi institusi pendidikan diharapkan sebagai bahan pertimbangan kepada institusi pendidikan dalam pemberian materi hubungan tingkat stres siswa mengenai pembelajaran daring terhadap prestasi belajar. Kata kunci: Tingkat stres,Pembelajaran Daring,Prestasi Belajar . Kepustakaan : 43 (2007-2020)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 19 Mar 2022 04:39
Last Modified: 19 Mar 2022 04:39
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item