Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia 3-5tahun Di Wilayah Rw007 Rajeg Kabupaten Tangerang

Oktavia Sarah Azhari, . (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia 3-5tahun Di Wilayah Rw007 Rajeg Kabupaten Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)

Abstract

Toilet training merupakan suatu proses pengajaran serta usaha melatih kemampuan anak untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar secara benar dan teratur ( Casnuri & Fika, 2017). Keberhasilan toilet training tidak hanya dari kemampuan fisik, psikologis dan emosi anak itu sendiri tetapi dari bagaimana perilaku orang tua untuk mengajarkan toilet training secara baik dan benar (ifalahma & Nur, 2019).Adapun faktor yang mempengaruhi toilet training pada anak meliputi sikap dan tingkat pengetahuan ibu, dimana sikap merupakan kecenderungan ibu bertindak atau berperilaku (Warlenda & Rini, 2017).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pada anak usia (3-5 tahun) di Wilayah RW 007 Kabupaten Tangerang.Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dan menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 102 orang dengan cara probability sampling dengan teknik simple random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner.Hasil penelitian dengan menggunakan uji chi square ada hubungan pengetahuan ibu tentang toilet training dengan keberhasilan toilet training mendapati hasil p=value 0,000, ada hubungan perilaku dengan keberhasilan toilet training mendapati hasil p=value 0,002, ada hubungan disposable diapers dengan keberhasilan toilet training mendapati hasil p=value 0,000 dan uji statistic regresi logistic menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan toilet training adalah pengetahuan ibu tentang toilet training dengan nilai signifikasi 0,017 dengan nilai (OR=0,114). Kesimpulan: Didapat hasil faktor yang berpengaruh yaitu pengetahuan. Saran:Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi kepada ibu atau mahasiswa dalam keberhasilan toilet training pda anak. Kata kunci : Pengetahuan , Perilaku, Disposable diapers, Keberhasilan toilet training Keperpustakaan : 50 (2011-2020)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:58
Last Modified: 10 Feb 2022 02:58
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item