Studi Komparasi Perkembangan Psikososial Anak Yang Kecanduan Dan Yang Tidak Kecanduan Gadget (Smartphone) Pada Usia Prasekolah Di Dusun Darma Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang

Titi Rohaeti, . (2021) Studi Komparasi Perkembangan Psikososial Anak Yang Kecanduan Dan Yang Tidak Kecanduan Gadget (Smartphone) Pada Usia Prasekolah Di Dusun Darma Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)

Abstract

Perkembangan psikososial anak prasekolah adalah proses perkembangan kemampuan anak dalam berinisiatif menyelesaikan masalahnya sendiri sesuai dengan pengetahuannya (Lismanda, 2017). Sedangkan kecanduan smartphone adalah sebagai perilaku keterikatan atau ketergantungan terhadap gadget yang memungkinkan menjadi masalah sosial seperti halnya menarik diri dan kesulitan dalam performa aktivitas sehari-hari atau sebagai gangguan kontrol impuls terhadap diri seseorang (Kwon,dkk., 2013). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaaan perkembangan psikososial antara anak yang kecanduan dan yang tidak kecanduan gadget (smartphone) pada anak usia prasekolah di dusun Darma desa Darmakradenan kecamatan Ajibarang. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan memakai desain analitik deskriptif dengan metode penelitian case control dan menggunakan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia prasekolah dengan jumlah sampel 80 responden masing-masing 40 responden pada kelompok anak yang kecanduan dan 40 anak yang tidak kecanduan. Hasil penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney dengan derajat kemaknaan p ˂ 0,05 (5%). Hasil uji statistik didapatkan nilai (p-value = 0,000, nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, maka secara statistik adanya perbedaan bermakna antara anak yang kecanduan dan yang tidak kecanduan. Pada kelompok tidak kecanduan nilai median yang didapatkan 2,00 (1,61-1,78) dan pada kelompok kecanduan nilai median yang didapatkan 1,00 (1,03-1,11). Rerata rangking untuk kelompok tidak kecanduan didapatkan nilai 52,50 dan kecanduan 28,50. Hasil penelitian ini sebagai saran bagi orangtua untuk memberikan pemahaman tentang dampak penggunaan gadget (smartphone) pada perkembangan psikososial anak, sehingga sebagai masukan dan informasi dalam memperhatikan setiap fase perkembangan anak terutama perkembangan psikososial pada usia prasekolah. Kata kunci : Perkembangan psikososial, Tingkat kecanduan gadget (smartphone). Kepustakaan : 86 (2011-2021)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:51
Last Modified: 10 Feb 2022 03:51
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item