Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Parung Panjang

Eka Dian Wulandari, . (2021) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Parung Panjang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Latar Belakang Pelayanan Kefarmasian merupakan kegiatan yang terpadu dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah Obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Kualitas pelayanan farmasi yang baik salah satunya dapat dilihat dari kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rawat jalan Puskesmas ParungPanjang. Metodologi Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimental secara deskriptif, dilakukan pada bulan April 2021 di Puskesmas Parung Panjang dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Jumlah responden yang diambil pada penelitian ini adalah 100 responden yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Tingkat kepuasan pasien dinilai dari hasil penyebaran kuesioner yang dilihat dari 5 dimensi yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung. Analisis tingkat kepuasan yang dilakukan dengan perhitungan rata-rata kepuasan dan harapan. Hasil Penelitian dalam penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan di Instalasi farmasi rawat jalan Puskesmas Parung Panjang dengan tingkat kesesuaian kepuasan dan harapan > 75% disetiap dimensinya yaitu kehandalan 86,67%, daya tanggap 84,27%, jaminan 86,90%, empati 82,67%, dan bukti langsung 86,79%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pasien puas dengan pelayanan yang diberikan di Instalasi farmasi rawat jalan Puskesmas Parung Panjang. Kata Kunci : Tingkatkepuasan,Kualitas pelayanan, Instalasi farmasi

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:54
Last Modified: 02 Mar 2022 06:54
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item